Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nova Eliza Pernah Ditampar Lelaki Tak Dikenal

Kompas.com - 23/11/2016, 20:50 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Nova Eliza (36) bercerita mengenai pengalaman yang mengejutkannya. Ia mengaku pernah mengalami kekerasan di muka umum.

Ketika itu, tepatnya 15 tahun yang lalu, seorang lelaki tiba-tiba menamparnya.

"Waktu itu, lagi jalan mau shooting, belum ada mobil, aku lagi nunggu bus. Tiba-tiba ada orang lewat, cowok, di depanku nabok aku, nampar aku dengan kerasnya," kata Nova dalam wawancara di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, Rabu (23/11/2016) sore.

Orang-orang yang ada di sekitarnya, lanjut ibu satu anak ini, langsung bereaksi. Nova ditarik ke tempat yang aman, sementara pelaku pemukulan tersebut dihajar massa.

"Ya dia digebukin sama orang-orang. Abis itu aku diamanin masyarakat di situ," kata Nova.

Setelah kejadian itu, perempuan berdarah Aceh ini sempat merasa ketakutan dan khawatir berjalan sendirian.

"Aku merasa enggak nyaman jalan di mana aja, trauma banget. Sempet kaget, shock ada orang yang main nabok. Cukup lama (rasa trauma) itu, semingguan baru tidak shock lagi," kata Nova.

Peristiwa itu pula lah yang menjadi salah satu motivasinya untuk berkampanye melawan kekerasan terhadap perempuan dengan mendirikan Suara Hati Foundation.

"Iya betul (dari situ mulai lawan kekerasan). Aku rasa masih banyak perempuan yang harus dibantu, jadi aku mengambil langkah ini untuk melawan kekerasan dalam bentuk apapun juga. Kami ini menonjolkan tiap manusia tidak berhak disakiti. Justru dicintai dan disayangi," ucapnya.

"Untuk perempuan di luar sana, harus mengedukasi diri, mawas diri akan kejadian yang bisa terjadi di mana dan kapan saja dan tahu bagaimana bereaksi jika tiba-tiba terjadi kejadian yang enggak diinginkan," tambah Nova.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com