Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Balik Suksesnya Lagu “Shape of You”

Kompas.com - 02/03/2017, 17:47 WIB
Sintia Astarina

Penulis

KOMPAS.com - Lagu “Shape of You” milik penyanyi pop Ed Sheeran masih bertahan di peringkat 1 tangga lagu Billboard Hot 100. Ini merupakan minggu kelima lagu ini berada di puncak teratas.

Prestasi ini membuat Sheeran menjadi artis pertama yang dua single-nya berada dalam peringkat 10 teratas secara bersamaan.

Sheeran merilis "Shape of You" pada 6 Januari lalu. Belakangan ia meluncurkan versi remix lagu tersebut.

Pada versi pertama, di mana ia berkolaborasi dengan Stormzy, Sheeran menyuguhkan irama yang santai. Meski demikian, versi ini tetap membuat orang ingin bergoyang.

Sementara itu pada versi keduanya mendapat sentuhan electronic dance music (EDM) oleh Major Lazer dan Nyla & Kranium.

Sejak diluncurkan pada 6 Januari lalu, "Shape of You" memecahkan rekor sepanjang masa di Spotify. Para penggemarnya bergegas mendengarkan dua lagu dari albumnya barunya.

"Shape of You" menjadi lagu teratas pada pekan pertama di situs streaming terbesar di dunia tersebut, yang dimainkan 52.359.013 kali.
 
"Shape of You" memecahkan rekor sebelumnya yang dicetak oleh rapper asal Kanada Drake dengan lagu "One Dance" pada Mei 2016.
 
Lagu Sheeran itu juga memecahkan rekor streaming di minggu pertama yang dicetak Adele pada 2015 dengan lagu "Hello".

Belum lama ini, Sheeran menampilkan "Shape of You" dalam program bincang-bincang The Tonight Show Starring Jimmy Fallon di NBC.

Sheeran, Fallon, dan home band acara tersebut, The Roots, memainkan lagu itu dengan instrumen yang biasanya ada di dalam kelas.

Contohnya xylophone, kazoo, ukulele, shaker, juga tamborin. Lagu versi ini pun terdengar lebih ceria dan bersemangat.

Di balik popularitasnya, ada beberapa fakta menarik di balik lagu “Shape of You”.

Tadinya, lagu ini diciptakan untuk Rihanna. Namun ketika Sheeran menyanyikan sepenggal lirik lagunya, ia merasa “Shape of You” lebih cocok untuk dirinya.

Lagu berdurasi 3 menit 55 detik ini juga bercerita soal kekasihnya, Cherry Seaborn. Padahal, Sheeran jarang terbuka soal masalalah pribadinya.

Dalam sebuah wawancara dengan BBC Radio, Sheeran juga mengaku bahwa “Shape of You” seharusnya tidak dimasukkan ke dalam track albumnya.

“Aku hanya menulisnya dan rasanya seperti ‘Oh, menyenangkan juga’,” katanya seperti dikutip dari popsugar.com.

"Shape of You" merupakan salah satu materi dalam album Sheeran bertajuk ÷ (Divide) . Album yang rencananya dirilis pada 3 Maret itu berisi 12 lagu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com