Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"So Long!", Singel JKT48 Pertama yang Paling Sedih

Kompas.com - 08/03/2017, 20:29 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup idola JKT48 merilis singel ke-16 mereka yang berjudul "So Long!" di Teater JKT48, Mall FX Senayan, Rabu (8/3/2017).

Biasanya, para penggemar mendengarkan lagu-lagu JKT48 dengan tempo cepat dan bersemangat. Contohnya "Aitakatta", "Heavy Rotation", atau "Saikou Kayo". Namun, kali ini JKT48 menyuguhkan musik berirama lambat dengan lirik lagu yang sangat menyentuh.

"So Long!" sendiri bercerita tentang kuatnya hubungan persahabatan di kala senang, sedih, ataupun susah. Kinal, salah satu member JKT48 mengatakan, lagu ini merupakan singel yang paling sedih. Apalagi, ini merupakan lagu perpisahan Veranda JKT48 dengan para member dan penggemarnya.

"Ini singel pertama JKT48 yang paling sedih. Biasanya kan up beat. Beda dari biasanya," ujarnya.

Kesedihan itu dengan jelas tertuang dalam beberapa penggal lirik berikut, "Kenangan akan menjadi teman / Esok pun harus menjadi semakin kuat / Walaupun ada hal yang menyulitkan / Kau tak sendiri pasti bisa lalui / Di lapangan saat kita lari bersama / Jangan kau lupakan keringat semangat itu... my friend...//"

Bahkan, dalam klip video lagu ini, Veranda seolah menjadi tokoh utama dalam lagu. Wajah close up-nya lebih sering terlihat dibanding member lainnya.

Saat pengambilan gambar berlangsung di Hokkaido, Jepang, pada Januari 2017, Veranda pun sempat menitikkan air mata karena tak kuasa menahan haru bila suatu saat nanti ia sudah tak bergabung lagi dengan JKT48.

"Pastinya kehilangan banget. Bakal susah move on," ujar Veranda.

CD lagu "So Long" sudah bisa didapatkan di Teater JKT48, toko CD, Tokopedia, serta JKT48 Official Web Shop.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com