Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Glenn Fredly: Bajakan Itu Sudah seperti Narkoba

Kompas.com - 09/03/2017, 20:53 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dan produser, Glenn Fredly, menyebut kebiasaan mengunduh karya musik secara ilegal sudah seperti kecanduan narkoba.

"Download ilegal itu udah kayak candu, sama aja kayak narkoba," ucap Glenn dalam wawancara di sela acara Musik Bagus Day di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Kamis (9/3/2017).

"Paling utama kesadaran masyarakat menghargai karya musik, tidak membajak, tidak men-download secara ilegal," katanya lagi.

Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi Bekraf, Ari Juliano, juga mengatakan demikian.

Menurut dia, ada tiga masalah utama pembajakan, yakni harga produk yang mahal, distribusi tidak merata yang akhirnya membuat orang mencari bajakan, dan kecanduan terhadap bajakan.

"Banyak orang terdidik masih aja konsumsi (bajakan). Dia tahu itu salah, tapi tetep aja dikonsumsi. Ini udah kayak kecanduan rokok atau narkoba," ujar Ari.

Untuk harga dan distribusi, lanjutnya, bisa mereka atasi lewat banyak cara. Namun, soal menangani 'kecanduan', Ari mengatakan hanya ada satu jalan.

"Ujung-ujungnya edukasi. Kami berpikir edukasi kita harusnya juga ditujukan ke anak-anak sekolah. Demi menyiapkan generasi muda sejak dini sebelum mereka kecanduan (bajakan)," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com