Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Addie MS, Dwiki Dharmawan, dan Dipha Barus tentang Hari Musik Nasional

Kompas.com - 09/03/2017, 11:56 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Hari Musik Nasional baru resmi diperingati lima kali, sejak Presiden Keenam, Susilo Bambang Yudhoyono, mengesahkan Keppres Nomor 10 Tahun 2013.

Sejalan dengan tujuan penetapan Hari Musik Nasional, sejumlah artis musik Tanah Air menyampaikan harapan mereka terhadap industri musik Indonesia pada Hari Musik Nasional 2017.

Konduktor dan komposer Addie MS mengharapkan masyarakat dan pemerintah semakin menggencarkan perang terhadap pembajakan.

"Digital musik yang bikin proses copy dan bajaknya jauh lebih mudah, sehingga masalah hak cipta jadi masalah. Mudah-mudahan, pemerintah, kami berharap pada Bekraf, untuk ikut memikirkan (penyelesaian) hal ini," ujar Addie MS kepada Kompas.com via telepon pada Rabu (8/3/2017) malam.

Begitu pun halnya dengan pencipta lagu dan pemain keyboard Dwiki Dharmawan. Sebagai pelaku industri musik, ia ingin para penikmat musik semakin sadar dan menghargai karya musik dengan membelinya secara legal.

"Kami ingin industri musik lebih sehat lagi. Kita harus memberantas pembajakan, illegal download. Kita harus memberikan penyadaran kepada masyarakat agar bisa menghargai dan mengapresiasi, supaya industrinya hidup. Musik ini penuh dengan kerja keras," tutur Dwiki Dharmawan.

Disc jockey (DJ) Indonesia yang sedang naik daun, Dipha Barus, menaruh harapan lebih besar kepada insan musik. Pemilik singel "No One Can Stop Us" ini mengajak rekan-rekan sesama pemusik untuk berkarya dengan kualitas.

"Harapan saya sebagai musisi, semoga para musisi Indonesia lebih jujur untuk berkreasi," uap Dipha Barus.

"Industri musiknya juga lebih berkembang dan maju, menjadi warna baru bagi industri musik dunia," tambahnya.

Sementara itu, gitaris band Slank, Ridho Hafiedz, tak banyak berkomentar dalam memperingati Hari Musik Nasional 2017. Ia hanya menuliskan kalimat singkat tetapi sarat makna pada akun Twitter-nya, @ridhohafiedz.

"Don't talk too much, do something. Selamat Hari Musik Nasional," tulis Ridho.

Hari Musik Nasional ditetapkan mengacu ke hari dan bulan kelahiran pencipta lagu kebangsaan "Indonesia Raya", almarhum Wage Rudolf Soepratman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com