Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krisdayanti Perkenalkan Tradisi "Sungkeman" pada Anak-anaknya

Kompas.com - 25/06/2017, 16:25 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Keluarga artis musik Krisdayanti memiliki tradisi sungkeman pada hari raya Idul Fitri, tak terkecuali tahun ini.

Pada hari pertama Lebaran, Minggu (25/6/2017), acara sungkeman itu dilakukan di ruang tamu rumahnya, di Jalan Jeruk Purut, Cilandak, Jakarta Selatan.

Tampak ibunda Krisdayanti, Rachma Widadiningsih, duduk di sofa. Sementara itu Krisdayanti dan suaminya, Raul Lemos serta anak-anak mereka berbaris menunggu giliran sungkem pada Rachma.

Begitu juga dengan kakak Krisdayanti, Yuni Shara dan putra-putranya.

Mereka bergantian berlutut, sungkem, dan saling bermaafan dengan Rachma. Yuni dan Krisdayanti tampak tak kuasa menahan keharuan mereka.

[Baca juga: Ratusan Kerabat Berkumpul di Rumah, Krisdayanti Tak Bisa Tidur]

"Kalau sungkeman itu sejak kecil sampai besar masih melakukan itu, saya juga masih melalukan itu juga sampai diturunkan ke anak saya," ujar Krisdayanti.

"Jadi ya di Lebaran itu yang ditunggu selain silahturahim adalah sungkeman, kalau yang lain-lain itu ngobrol intimate tapi kan enggak formal," lanjutnya.

Krisdayanti menambahkan bahwa tradisi ini juga diperkenalkan kepada anak-anaknya yang masih kecil, yakni Kellen Alexander Lemos dan Ariannha Amora Lemos.

Bagi pelantun "Menghitung Hari" itu, meskipun belum memahami makna tradisi itu, yang penting anak-anaknya mengenalnya dulu.

Suatu saat mereka akan memahaminya dan pada akhirnya mengajarkan dan menjelaskan kepada anak-anak mereka kelak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com