Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krisdayanti: Raul Lemos Mulai Terbiasa dengan "Sungkeman"

Kompas.com - 26/06/2017, 09:20 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis musik Krisdayanti mengatakan bahwa suaminya, Raul Lemos, memang awalnya tidak mengenal tradisi sungkeman saat Lebaran.

Namun, sejak tahun ini, Raul sudah mulai membiasakan diri untuk menjalani tradisi turun-temurun itu.

"Ya sungkeman sudah (tradisi) leluhur kami, karena orang Jawa. Jadi tahun ini suami yang adjustment, karena di Timor Leste itu tidak ada sungkeman," ujar Krisdayanti aaat dijumpai di kediamannya di Jalan Jeruk Purut, Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (26/5/2017).

"Tapi lama-lama terbiasa. Tradisi yang ditunggu walaupun di pintu rumah udah minal aidin, tapi tetap sungkeman harus jadi satu syarat," sambungnya.

Krisdayanti mengungkapkan bahwa tradisi tersebut juga sudah mulai diperkenalkan kepada anak-anaknya.

[Baca juga: Krisdayanti Perkenalkan Tradisi Sungkeman pada Anak-anaknya]

Meski kedua anaknya belum paham akan makna tradisi sungkeman, setidaknya Krisdayanti sudah mulai mengenalkan hal tersebut sejak dini.

"Kalau sungkeman itu sejak kecil sampai besar masih melakukan itu, saya juga masih melakukan itu juga sampai diturunkan ke anak saya," ujar pelantun "Menghitung Hari" itu.

"Jadi ya di Lebaran itu yang ditunggu selain silahturahim adalah sungkeman, kalau yang lain-lain itu ngobrol intimate tapi kan enggak formal," imbuhnya.

[Baca juga: Ratusan Kerabat Berkumpul di Rumah, Krisdayanti Tak Bisa Tidur]

Pada hari pertama Lebaran, setelah membagikan THR kepada para tetangganya, Krisdayanti dan keluarganya pun mulai berkumpul kembali di ruang tamu rumahnya.

Sekitar pukul 10.00 WIB, saat anggota keluarga sudah lengkap, terlihat Krisdayanti, Raul, serta kedua anak mereka sungkem pada Ibunda Krisdayanti, Rachma Widadiningsih, yang tengah duduk di sofa.

Yuni Shara dan kedua putranya yang juga hadir di sana tak mau ketinggalan meminta maaf dan berpelukan pada Rachma. Bahkan, Krisdayanti dan Yuni tampak tak kuasa menahan tangis.

Krisdayanti pun menjelaskan alasan ia dan kakaknya itu sampai menitikkan air mata. "Karena Mama rajin puasa. Tahun ini kendur karena ada sakit Mama di puasa minggu kedua dan saya dan Yuni lagi mobile," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com