Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Christian Sugiono Sempat Rasakan Sulitnya Merekrut Karyawan

Kompas.com - 26/07/2017, 16:56 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa tahun belakangan ini, artis peran Christian Sugiono (36) menjajal dunia bisnis di bidang media dan teknologi.

Ketika baru membangun perusahaannya, Tian bercerita bahwa dirinya sempat merekrut karyawan sendiri karena belum memiliki HRD (Human Resource Development).

"Pada awal ketika perusahaan baru di-set up, terjun langsung, interview orang, liat CV sama partner saya. Kadang emang capek," ujar Tian ketika berbincang dengan wartawan di XXI Lounge, Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (26/7/2017).

"Itu cukup menguras energi, waktu juga. Terus kadang udah liat banyak (CV), enggak ada yang bagus juga. Jadi males, terus kadang nanya temen, bajak orang, ya realitasnya begitu," sambungnya.

Suami Titi Kamal ini juga menceritakan bahwa ia sering menemukan calon karyawan dengan foto atau CV yang bagus, tapi rupanya itu hanya tipuan.

"Kadang-kadang foto menipu. Dari CV bagus, terus dipanggil, ketemu, ternyata beda. Belum tentu itu kualitas asli manusianya," ujar pemeran film Jomblo ini.

"Akhirnya udah dateng orangnya, kok beda? Ngomong juga enggak hebat, komunikasi enggak bagus, skill enggak sesuai. Kita lost. Kita salah ambil calon karyawan," tambahnya.

[Baca juga: Christian Sugiono Ingin Turut Membangun Industri Teknologi Indonesia]

 

Dari sana, Tian pun memelajari bahwa merekrut karyawan untuk perusahaannya tidaklah mudah.

Baginya, yang terpenting orang-orang yang bekerja di perusahaannya harus memiliki skill yang dibutuhkan. Untuk itu, ketika sedang merekrut karyawan baru, Tian lebih suka melakukan sesi wawancara secara langsung.

"Kadang gue emang harus bertemu dengan manusianya langsung, karena pengalaman gue interview orang lewat online, Skype biasanya, ya dia duduk, kita enggak bisa liat mimiknya, ekspresinya," katanya.

"Kalau interview orang, kita juga harus liat personality-nya. Selain skill, kita juga bisa tau dia kalau salaman kayak gimana. Gesture badan dia kalau dia duduk, dia pamit, hal-hal kecil juga sangat menentukan," pungkasnya.

[Baca juga: Christian Sugiono di Antara Dunia Artis dan Wirausaha]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com