Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Kahitna Tetap Kompak Selama 31 Tahun

Kompas.com - 31/07/2017, 17:08 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sebagai sebuah grup musik, tentu merupakan pencapaian istimewa ketika bisa bertahan bersama hingga 31 tahun. Meski sudah bersama 31 tahun, Kahitna berkomitmen akan tetap setia berkarya di industri musik Tanah Air.

Yovi Widianto, pemain piano Kahitna, membagi rahasia kompak mereka selama puluhan tahun.

"Tidak pernah ada hambatan untuk masing-masing mengembangkan karier," ujar Yovie usai tampil di kantor pusat BNI, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (30/7/2017).

Sebab menurut dia, salah satu faktor pemicu konflik antara personel kelompok musik adalah banyaknya batasan.

Padahal, penting untuk memberikan kebebasan berkarya kepada semua personel secara merata. Namun mereka tetap selalu saling mengingatkan bahwa Kahitna adalah prioritas utama.

"Kedekatan satu sama lain tidak ada larangan 'enggak boleh begini begitu'. Kalau kami malah boleh, silakan aja yg penting di Kahitna enggak terganggu, itu sih yang buat kami bertahan lama," kata Yovie.

"Pastinya ya kami udah seperti keluarga karena udah panjang (perjalanan karier), lalu juga bisa berbagi kegiatan sehari-hari. Terus punya karir masing-masing yang saling mendukung," tambahnya.

[Baca juga: Yovie Widianto dan Hedi Yunus Ungkap Resep Kompak Kahitna]

 

Kebebasan itu tak hanya soal pekerjaan. Tetapi juga dalam kehidupan pribadi mereka. Merasa sudah begitu sering bertemu saat manggung, maka para personel Kahitna memilih untuk jarang "nongkrong" bersama di luar jadwal kerja.

"Sama sekali enggak pernah (kumpul di luar jadwal manggung). Ketemunya sering, sebulan bisa 20 kali. Jadi mendingan main yang lain lagi," kata Yovie.

"Di usia yang ke 31 tahun ini, empat kali seminggu cukup kayaknya (berkumpul saat kerja)," timpal salah seorang vokalis Kahitna, Mario Ginanjar.

[Baca juga: Kahitna Bingung Bisa Capai 31 Tahun Berkarya]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com