Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Gita Gutawa di Balik Rekaman Lagu "Mengheningkan Cipta"

Kompas.com - 11/08/2017, 21:11 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Gita Gutawa baru saja merilis album bertajuk 'Gita Puja Indonesia', yang berisi lagu-lagu nasional dan diaransemen ulang bersama ayahnya, komposer musik Erwin Gutawa.

Di balik proses pembuatan album itu, ada sebuah lagu yang membuat Gita harus bekerja keras. Lagu itu adalah "Mengheningkan Cipta" yang diciptakan oleh T Prawit.

"Lagu itu saya banyak up and down juga. Pas pertama mau rekaman aku kan sudah sering nyanyiin, udah biasa lah ya. Ternyata aku temukan banyak versi lirik," ujarnya di sela tampil showcase di Gedung Galeri Jurnalistik ANTARA, Jakarta Pusat, Jumat (11/8/2017).

Versi berbeda itu terletak pada kata 'Memuja' atau 'Memuji'. Itu, kata Gita, ia ketahui setelah menelusuri berbagai referensi di dunia maya.

Menurut dia, banyak yang berbeda bahkan ketika memutar lagu itu pada situs video YouTube. Tak mau salah, Gita pun mendatangi Arsip Nasional RI. Sayang, kata Gita, mereka tidak memiliki salinan aslinya.

[Baca juga: Ditanya soal Pacar, Gita Gutawa Bilang Waduh]

 

"Akhirnya aku pas lagi urus soal hak cipta sama papa, aku sekalian nyariin lagu ini lewat versi publishing resminya. Jadi di situ yang benar adalah 'memuja'," kata Gita.

"Ini semoga bisa membantu ke semuanya dengan versi yang benar," sambung dia.

Lebih lanjut Gita mengatakan bahwa "Mengheningkan Cipta" adalah lagu nasional terfavoritnya.

"Kalau aku boleh cerita. Lagu 'Mengheningkan Cipta' adalah lagu favorit saya karena melodi dan lirik puitis dan menyayat. Senang bisa bikin versi rekaman dibantu papa," kata Gita.

[Baca juga: Ini Kriteria Calon Kekasih Gita Gutawa]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com