Pertunjukan Afgan Diundur dan Terpotong, Penyelenggara Beri Penjelasan - Kompas.com

Pertunjukan Afgan Diundur dan Terpotong, Penyelenggara Beri Penjelasan

Tri Susanto Setiawan
Kompas.com - 20/08/2017, 18:53 WIB
Afgansyah Reza dijumpai dalam sebuah kegiatan di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, pada Rabu (21/6/2017).KOMPAS.com/SINTIA ASTARINA Afgansyah Reza dijumpai dalam sebuah kegiatan di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, pada Rabu (21/6/2017).

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi Afgansayh Reza (28), yang biasa dipanggil Afgan, mengalami kendala ketika tampil pada hari kedua Prambanan Jazz Festival 2017, yang diadakan di Kompleks Candi Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (19/8/2017) malam.

Ketika itu, jadwal manggung Afgan, di Britama Stage, sudah mundur dari pukul 20.00 WIB ke pukul 21.48 WIB.

Afgan membawakan "Katakan Tidak", "Dia dia dia", "Sadis", dan beberapa lagu lainnya.

Namun, ketika memasuki lagu kelima, mendadak lampu panggung Afgan mati. Mula-mula, Afgan tetap melanjutkan nyanyiannya dengan meminta bantuan cahaya dari gawai para penontonnya.

Namun, ketika Afgan akan menyuguhkan "Panah Asmara" sebagai lagu keenamnya, sound system Afgan dan para pemusik pendukungnya tiba-tiba mati.

Afgan langsung meminta maaf kepada para penonton karena harus mengakhiri pertunjukannya sebelum waktunya.

"Ya, sound system-nya kok mati. Maaf ya teman-teman semua, kami enggak bisa lanjut. Makasih sudah datang dan mau nunggu lama," ujarnya.

Afgan dan para pemusik langsung kembali ke belakang panggung. Para penonton meluapkan kekecewaan mereka terhadap pihak penyelenggara melalui sorakan dan perkataan sambil bubar.

Baca juga: Afgan Meminta Mereka yang Jomblo Menyanyi Bersamanya

***

Mengenai jadwal pertunjukannya diundur lama dan terpaksa diakhiri sebelum waktu yang seharusnya, Afgan memberi keterangan kepada para peliput bahwa ia awalnya malah mendapat informasi dari penyelenggara bahwa ia tidak bisa manggung.

Ia mengaku kecewa ketika mendapat informasi itu.

"Malah terancam enggak bisa main, karena di samping (di panggung lain, vokalis Sarah Brightman) sudah main," ucap Afgan.

"BT (bad tempered) lah, banget. Masa sampai enggak main sih?," sambungnya.

"Tapi, karena (penonton) yang sudah tungguin juga banyak, dari manajemen saya tetap push untuk main. Jadi, meski (lampu panggung) sudah dimatiin, kami tetap berusaha main," sambungnya.

Namun, ketika sound system akhirnya juga dimatikan, Afgan dan para pemusik pendukungnya terpaksa undur diri dari panggung tersebut.

Sebagai informasi, penyanyi soprano Sarah Brightman dari Inggris tampil di IndiHome Stage, yang tidak jauh dari panggung Afgan. Pertunjukan Sarah Brightman dimulai pukul 21.00 WIB.

"Baru pertama kali (mengalami hal itu). Kecewa sih saya, tapi karena fans tungguin, jadi terobati," jawab Afgan saat ditanyai apakah pengalaman ini kali pertama dialaminya.

Kejadian tersebut akhirnya muncul di media sosial. Afgan mengunggah Insta Story pada akun Instagram-nya. Sejumlah netizen mengungkapkan kekecewaan mereka atas kejadian itu.

Baca juga: Sarah Brightman Bagai Magnet dalam Prambanan Jazz Festival 2017

***

CEO Rajawali Indonesia Communication, Anas Syahrul Alimi, selaku penyelenggara Prambanan Jazz Festival 2017 memberi penjelasan mengenai kejadian yang menimpa Afgan tersebut.

Anas mengatakan bahwa hal itu terjadi karena jadwal sudah tertunda sejak pertunjukan pertama di Britama Stage. Lanjut Anas, penyebabnya adalah masalah sejak sound check pada siang hari.

"Memang terjadi kemoloran, karena ada (jadwal) check line (ketika sound check) yang diundur oleh artisnya," ujarnya.

Pergeseran jadwal sound check itu mengakibatkan jadwal demi jadwal pertunjukan di Britama Stage pun terulur, termasuk jadwal penampilan Afgan. Akibatnya, kata Anas lagi, terjadi benturan jadwal antara Afgan dengan Sarah Brightman.

Karena panggung Afgan tak jauh dan panggung Sarah, jika mereka sama-sama tampil, suara dan musik mereka akan terdengar bertabrakan.

Sebagai gantinya, Anas mengusulkan Afgan manggung sesudah Sarah. Namun, Afgan memilih tetap naik pentas sebelum Sarah dan penyelenggara menyediakan waktu untuk Afgan membawakan empat lagu saja.

"Kami harus menyelamatkan event. Ok, beberapa lagu disepakati, kami ambil risikonya akhirnya. Saya putuskan tetap jalan (Afgan tampil) dengan mengurangi lagu. Begitu main (Afgan), ternyata bocor ke panggung sebelah (Sarah). Tidak ketemu, tapi terjadi miscommunication," kata Anas.

Baca juga: Insiden Kecil Warnai Penampilan Shakatak di Prambanan Jazz Festival

Atas kejadian itu, Anas meminta maaf kepada pihak Afgan dan pihak Sarah.

"Dalam hal ini, promotor mengakui kesalahan dan kami meminta maaf. Kami akan memperbaiki sebaik mungkin agar tidak terjadi lagi," ucapnya.

"Promotor meminta maaf kepada pihak Afgan. Ini hal yang paling sulit yang kami ambil. Kami meminta maaf kepada fans Afgan. Itu sebenarnya yang terjadi. Kami sudah memberikan solusi," ujarnya.

PenulisTri Susanto Setiawan
EditorAti Kamil
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM