Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Dongeng bagi Donna Agnesia

Kompas.com - 28/08/2017, 13:19 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Presenter sekaligus model Donna Agnesia mengatakan dongeng sudah menjadi bagian dari dirinya. Sejak kecil, ia sudah terbiasa mendengar dongeng.

Menginjak dewasa terutama setelah menjadi seorang ibu, dongeng menjadi sesuatu hal yang wajib bagi dirinya. Ia terbiasa mendongeng ketika anak-anaknya hendak tidur.

“Bukan cuma membaca cerita dongeng, tapi juga mengarang cerita, supaya mereka (anak-anak) bisa tidur,” ujar Donna kepada Kompas.com dalam peluncuran Roma Sky Pirates di Trans Studio Bandung, belum lama ini.

Istri Darius Sinathrya ini mengatakan, dongeng yang ia bacakan bermacam-macam. Namun untuk cerita yang ia karang, umumnya melibatkan banyak binatang.

Ia sengaja memilih binatang sebab binatang memiliki karakter dan filosofinya tersendiri.

Lewat dongeng-dongeng itu pulalah, Donna mengajarkan tentang mengalah, kecintaan akan alam, serta ciptaan Tuhan lainnya pada sang anak.

“Mendongeng itu penting, salah satunya untuk pendekat orangtua dan anak. Mendongeng itu kelihatannya sederhana, tapi dari situ anak bisa berimajinasi,” ucap perempuan kelahiran Jakarta, 8 Januari 1979 ini menjelaskan.

[Baca juga: Donna Agnesia dan Keluarga Pilih Road Trip ke Selandia Baru ]

Biasanya, ia mendongeng sekitar 30 menit per hari menjelang tidur. Namun jika anak-anaknya susah tidur, ia bisa mendongeng selama satu jam.

“Walaupun terkadang emaknya yang ngantuk dan anaknya enggak tidur-tidur. Saya pikir itu (dongeng) bentuk quality time bersama anak-anak,” pungkasnya.

[Baca juga: Donna Agnesia: Mengurus Anak Bukan Tugas Ibu Saja ]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com