Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Slank Pengaruhi Cara Berpikir Glenn Fredly

Kompas.com - 20/09/2017, 16:25 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Penyanyi Glenn Fredly mengaku, grup band Slank tidak hanya memengaruhinya dalam bermusik, tapi juga dalam cara berpikir. Hal itu ia akui saat berkunjung ke redaksi Kompas.com, di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah, Jakarta Pusat, Selasa (19/9/2017).

"Gue akui bahwa Slank salah satu inspirasi dalam gue berkarya, yang enggak hanya secara musikal tapi mindset cara berpikir," kata Glenn.

Grup band yang digawangi Kaka (vokal), Bimbim (drum), Abdee (gitar) dan Ridho (bass) itu berhasil membuat sang pelantun "Kisah Romantis" berani bersikap dan belajar tentang kemerdekaan.

"Salah satunya adalah berani bersikap, berani untuk menyatakan pendapat, menyatakan bahwa yang namanya kemerdekaan, kebebasan itu akhirnya berhubungan dengan kemerdekaan yang orang lain miliki," ucap pria berdarah Ambon itu.

Penyanyi Glenn Fredly berpose usai wawancara di kantor redaksi Kompas.com, Jakarta, Selasa (19/9/2017). Ia tengah mempersiapkan konser bertajuk Tanda Mata Glenn Fredly untuk Slank 30 September 2017 mendatang.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Penyanyi Glenn Fredly berpose usai wawancara di kantor redaksi Kompas.com, Jakarta, Selasa (19/9/2017). Ia tengah mempersiapkan konser bertajuk Tanda Mata Glenn Fredly untuk Slank 30 September 2017 mendatang.
"Jadi kebebasan itu dibatasi oleh kemerdekaan orang lain dan mindset itu bebas menyatakan sikap, ya kalau saya nyebutin generasi biru," sambungnya.

[Baca juga: Musik Blues Satukan Glenn Fredly dan Slank]

Menurutnya, Slank membangun sebuah semangat generasi baru yang kritis melihat keadaan sekitar, khususnya terkait hal kebebasan di bangsa ini.

"Slank sendiri punya konten yang sangat luas, bisa dibilang salah satu pembentuk mindset peradaban generasi. Jadi kayak penanda sebuah generasi baru lahir, dan gue merasa ada di bagian itu, part of that generation," ujar Glenn.

Penyanyi Glenn Fredly saat wawancara di kantor redaksi Kompas.com, Jakarta, Selasa (19/9/2017). Ia tengah mempersiapkan konser bertajuk Tanda Mata Glenn Fredly untuk Slank 30 September 2017 mendatang.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Penyanyi Glenn Fredly saat wawancara di kantor redaksi Kompas.com, Jakarta, Selasa (19/9/2017). Ia tengah mempersiapkan konser bertajuk Tanda Mata Glenn Fredly untuk Slank 30 September 2017 mendatang.
"Saya pikir ini penting untuk dibangun narasi, karena ada satu fase dimana memang sebuah generasi yang enggak bisa berpendapat secara bebas, ya itu sebagai suatu tanda ada sebuah generasi baru dengan pemikiran baru, melihat demokrasi bangsa ini dirawat," lanjutnya.

Hal itulah yang menjadi salah satu alasannya menggelar sebuah konser bertajuk #TNDMT Glenn Fredly untuk Slank di Gandaria Citu Hall, Jakarta Selatan, pada hari ulang tahunnya yang jatuh pada 30 Oktober 2017 mendatang.

Dalam konser tersebut, Glenn akan menerjemahkan lagu-lagu Slank ke dalam versi nya. Ia pun turut menggandeng musisi papan atas seperti, Tompi, Kelompok Penerbang Rocket dan penyanyi lawas yang masih dirahasiakan.

[Baca juga: Selama Lima Bulan, Glenn Fredly Bedah Lagu-lagu Slank]

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com