Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Synchronize Fest 2017, Ebiet G Ade Memukau Barisan Millenials

Kompas.com - 07/10/2017, 23:47 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Siapa bilang penyanyi lawas tak mampu menarik perhatian generasi millienials? Buktinya, legenda musik folk Indonesia Ebiet G Ade mampu memukau barisan kaum muda lewat penampilannya di Synchronize Festival 2017.

Lagu "Jakarta I" disajikan Ebiet tanpa basa-basi di District Stage di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (7/10/2017) malam. Tampak lautan penonton sudah memenuhi area depan panggung.

"Selamat malam kawan-kawan semua. Ini suatu kehormatan buat saya. Saya tidak menduga yang bersedia berkumpul di sini menyaksikan saya menyanyi adalah anak-anak muda," kata Ebiet di ujung petikan gitar akustiknya.

"Mendapat penghargaan dari anak muda adalah anugerah yang sangat didambakan para orangtua," sambungnya yang dihadiahi riuh tepuk tangan.

[Baca juga: Ebiet G Ade Shock Ditonton Jokowi di Synchronize Fest 2017]

Setelah "Jakarta I" yang bercerita tentang bagaimana awal ia menginjakkan kaki di Jakarta puluhan tahun lalu, Ebiet membawakan "Mimpi di Parangtritis".

Tak terdengar nyanyian dari massa generasi X dan Y yang berkumpul di hadapan Ebiet, namun mereka tetap setia dan memberi tepuk tangan meriah sebagai tanda apresiasi. Pasalnya, Ebiet menyajikan vokal tinggi pada akhir lagu itu.

"Beberapa puluh tahun lalu ketika nyanyi di kampus-kampus di hadapan mahasiswa, ekspresi mereka sama dengan kalian hari ini. Apa yang saya rasakan dulu, saya bisa rasakan lagi hari ini. Luar biasa, terima kasih," kata Ebiet

Lalu, lagi "Nyanyian Rindu" berkumandang. Meski disaksikan ratusan anak-anak muda, Ebiet tak berusaha beradaptasi. Gaya bernyanyinya tetap sama, sederhana, syahdu, namun sangat apik. Ia seakan ingin membiarkan para millenials menikmati musiknya dengan jujur.

"Malam hari ini saya bernyanyi dengan gitar, duduk menggunakan kursi pesta perkawinan. He he he agak kurang keren sih," ucap Ebiet yang mengundang gelak tawa.

Selanjutya, ia suguhkan "Lolong" dan "Cita Cita Kecil si Anak Desa". Lalu ketika lagu "Berita kepada Kawan" ia nyanyikan, akhirnya terdengar juga suara kaum muda ikut bernyanyi hingga akhir lagu.

[Baca juga: Usai Ebiet G Ade, Jokowi Tonton Deadsquad di Synchronize Fest 2017]


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com