Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surya Saputra Ingin Jadi Orangtua yang Dengarkan Anak

Kompas.com - 03/11/2017, 16:04 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bermain dalam film My Generation membuat artis peran Surya Saputra sadar akan pentingnya komunikasi antara orangtua dan anak. Surya bertekad untuk menjadi orangtua yang akan mendengar apa keinginan anak-anaknya.

"Mendengar sih, mereka butuh apa dan mau apa. Terus kami syncron-kan dengan apa yang kami mau, jadi kami ketemu di tengah-tengah," ungkapnya di sela kegiatan gala premier film My Generation di XXI Epicentrum, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (2/11/2017).

Surya merasa kesadaran orangtua perlu dibentuk. Terlebih kini perkembangan zaman yang semakin pesat membuat perbedaan antara dulu dan sekarang semakin jauh.

"Ini pembelajaran buat aku juga gimana cara berkomunikasi dengan anak. Kan sekarang zamannya cepat banget, semua bisa berubah. Even sekarang belajar pun enggak bisa yang 'kamu belajar dikamar' enggak bisa," ucapnya.

Baca juga : Surya Saputra: Perkembangan Tatjana Lebih Cepat Daripada Bima

Surya juga tak ingin menjadi orangtua yang selalu membentak anak-anaknya supaya bisa menurut ataupun melakukan kekerasan fisik.

"Sebaiknya sih jangan sampai teriak. Karena setiap kita teriak, sel otak anak putus. Karena dari anak dari kecil sebaiknya kita jangan menghardik dan membetak. Karena pada saat kita dewasa ikatan batin ke anak putus," katanya.

"Apalagi itu, saya orang yang kesel sama orang yang main fisik. Mau itu anak, anak orang sama orangtua. Itulah big no," imbuhnya.

Namun, suami penyanyi Cynthia Lamusu ini bertekad untuk tak juga terlalu memanjakan kedua anak kembarnya yakni Tatjana dan Bima.

"Nah kalau over enggak bagus. Manja pasti saya ingin memberikan kasih sayang yang full buat anak-anak saya pasti ingin mendengar dan memberi apa yang dia butuh," ujarnya.

"Untuk memanjakan banget itu enggak, karena mereka harus punya kemandirian. Karena ini serba sendiri. Nanya aja sama Google. Bapaknya juga. Jadi sebagai orangtua kita harus siap," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com