Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Mata Putra Bungsu Asri Welas Mulai Membaik

Kompas.com - 05/02/2018, 16:17 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kondisi mata Rayyan Gibran Ridharaharja atau Ibran, putra artis peran Asri Welas, yang mengalami katarak sejak lahir kini mulai membaik.

Asri mengungkap kondisi terkini anaknya yang baru berusia sembilan bulan itu dalam wawancara di Studio TransTV, Mampang, Jakarta Selatan, Senin (5/2/2018).

"Tadinya (mata) kanan (ukuran lensa kacamatanya) plus 16, kiri plus 17. Sekarang udah sama-sama plus 16. Udah ada penurunan, turun satu," kata pemain film Cek Toko Sebelah itu.

Tahun lalu, Ibran telah menjalani operasi sebanyak dua kali pada matanya. Setelah itu, Asri dan suaminya Galiech Ridha Rahardja rutin menemani Ibran melakukan kontrol ke dokter setiap tiga bulan sekali.

"Akhir bulan nanti kami periksa lagi. Mudah-mudahan bisa turun," kata Asri.

[Baca juga : Asri Welas Menjadi Ibu Bijaksana ]

Hal lain yang juga membuatnya senang adalah, Ibran mulai tampak nyaman mengenakan kacamata. Tak seperti dulu yang sering gelisah ingin menarik kacamatanya.

"Jadi kalau misalnya lagi mandi, dibuka kacamatanya terus dipasang lagi, dia justru langsung 'ah' kayak lega. Kayak dia ngeliatnya lebih jelas. Iya, sudah terbiasa banget," ucap Asri.

Asri juga kini sudah mulai mencoba membawa anaknya jalan-jalan ke luar di sekitar lingkungan rumahnya.

Namun, tetap berhati-hati karena khawatir terjadi hal yang tak diinginkan yang bisa menganggu kondisi mata Ibran.

"Iya udah bisa diajak interaksi. Jadi udah mau aku ajak keluar sih supaya tahu banyak juga. Tadinya enggak ke luar rumah sama sekali. Sekarang lumayanlah ke taman. Cuma saya enggak berani jauh, karena virus kan sekarang. Jadi saya belum berani ke mall, ke mana. Paling jauh rumah sakit," ucap Asri.

"Ibran udah bisa main, udah merangkak, dan udah mau berdiri loncat-loncat. Di rumah kan ada gymnastic buat dia," tambahnya.

[Baca juga : Alasan Asri Welas Sempat Sembunyikan Keadaan Anaknya yang Katarak]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com