Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komeng Termotivasi Selesaikan Skripsi karena Sebuah Janji

Kompas.com - 22/03/2018, 17:29 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis komedi Komeng mengungkap, bahwa satu-satunya motivasinya menyelesaikan skripsi pada usia 48 adalah karena utang janji.

Pada 17 Maret 2018 lalu, pria bernama lahir Alfiansyah itu lulus ujian S1 dengan nilai A di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana, Bekasi, Jawa Barat.

"Karena bayar utang pada diri sendiri. Ya itu tadi, bayar utang aja motivasinya," tulis Komeng dalam pesan WhatsApp kepasa Kompas.com, Kamis (22/3/2018).

Pelawak yang dikenal lewat jargon "uhuy" itu bercerita, dulu saat ibundanya masih hidup, ia selalu ditanya kapan wisuda. Namun, pertanyaan itu belum bisa ia jawab bahkan sampai adik-adiknya mulai berkuliah hingga lulus S1.

"Tiga kali kuliah di tempat yang berbeda, semua enggak ada yang selesai. Sedih juga sih, pas saya kelar (lulus S1), ibu saya sudah tiada. Kalau dulu kuliahnya bener, mungkin tahun 1993 udah selesai," tulis Komeng.

[Baca juga : Lulus Ujian Skripsi di Usia 48, Komeng Dapat Nilai A ]

Karena itu, Komeng pun berjanji pada diri sendiri untuk menyelesaikan pendidikannya suatu saat nanti. Barulah puluhan tahun kemudian, ia bisa membayar utang janjinya itu meski usianya tak muda lagi.

"Janji adalah utang, utang harus dibayar walaupun pada diri sendiri," tulisnya sambil menyematkan emoji tersenyum.

Sebelumnya, penulis dan jurnalis senior Maman Suherman mengabarkan tentang kelulusan Komeng itu melalui akun Twitter-nya, @maman1965.

"Alhamdulillah sahabatku, Bang Komeng, tadi ujian skripsi dan lulus dengan nilai A. Belajar terus tanpa kenal usia, adalah pembelajar seumur hidup," tulis pria yang akrab disapa Kang Maman itu, seperti yang dikutip oleh Kompas.com, Rabu (21/3/2018).

Panelis program Indonesia Lawak Klub (ILK) ini juga mengunggah foto skripsi Komeng yang berjudul "Pengaruh Disiplin dan Pemberdayaan terhadap Profesionalisme Anggota Persatuan Seniman Komedi Indonesia Jawa Barat".

Pada foto selanjutnya, terlihat Komeng dengan raut wajah serius mengenakan kemeja putih dan dasi hitam duduk di hadapan dua orang pria. Sementara lembar skripsi Komeng tergeletak di meja di depannya.

[Baca juga : Sule hingga Komeng Ramaikan Kampanye Dicky Candra di Tasikmalaya]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com