Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nadia Mulya Akui Pernah Gunakan Gawai untuk Hibur Anak

Kompas.com - 12/04/2018, 07:38 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembawa acara Nadia Mulya menyadari anak-anak masa kini sulit lepas dari gawai (gadget). Karena itu ia tidak melarang anak-anaknya menggunakan gawai, meskipun tetap membatasinya.

"Bedanya waktu anak pertama itu hiburannya yang berbentuk teknologi cuma DVD ya. Nah anak yang generasi Alfa ini, mereka ini sudah lahir yang gadget itu adalah keseharian. Jadi buat saya sih kalau mau membatasi ya mengalihkan," tutur Nadia pada diskusi di Mama in Eat & Play, Jakarta Selatan, Rabu (11/4/2018).

Nadia mengakui bahwa sesekali ia juga mengandalkan gawai untuk menenangkan anak saat dirinya sibuk. Namun saat anak sudah terlalu lama bermain, Nadia pun mengalihkan perhatiannya dengan menghadirkan pilihan permainan lain.

"Aku akuin kalau aku sibuk banget aku pasangin YouTube ternyata. Jadi sebenarnya kita dari orangtua harus proaktif ngasih dia pilihan yang lain selain gadget," kata Nadia.

Meski tak melarang penggunaan gawai pada anak, Nadia tetap menyaring aplikasi yang ada di ponsel yang digunakan putra putrinya.

"Kalau pun ada gadget juga harus difilter aplikasinya. Kan ada aplikasi yang mengenal angka, warna, hewan dan lain-lain," ungkapnya.

Ibu tiga anak ini juga menerapkan peraturan keras pada putra-putrinya untuk tak menggunakan gawai saat makan.

"Aku juga usahakan di atas meja makan, saat makan aku enggak pegang gadget, karena aku buat aturan kalau di atas meja tidak boleh ada gadget," paparnya.

Baca juga : Nadia Mulya: Menurut Anak-anak, Aku Mama Monster

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com