Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuan Hidup Iqbaal Ramadhan Berubah-ubah

Kompas.com - 26/05/2018, 15:33 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Irfan Maullana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dan artis peran Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan punya tujuan hidup yang berubah-ubah seiring pencapaian yang diraihnya.

Saat masih berusia 9 tahun misalnya, Iqbaal berusaha meraih impian menjadi juara ajang pencarian bakat Idola Cilik yang tayang di salah satu televisi swasta.

"Dulu pengin jadi juara satu Idola Cilik. Ini beneran. Saya audisi tiga tahun berturut-turut, tapi ditolak semua," cerita Iqbaal saat menjadi pembicara dalam acara bertema Discover: Yourself Future di @america Pacific Place Mall, di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Sabtu (26/5/2018).

Akhirnya pada tahun keempat, mimpi Iqbaal untuk bernyanyi di panggung Idola Cilik terwujud. Iqbaal bernyanyi bukan sebagai peserta, melainkan menjadi bintang tamu bersama grup vokal Coboy Junior.

"Tahun keempat saya malah jadi bintang tamu di Idola Cilik. Memang saya melakukannya karena senang di musik," kata Iqbaal.

Baca juga: Iqbaal Ramadhan Harus Berkumis demi Minke

Setelah itu, tujuan hidup Iqbaal bergeser lagi. Jika sebelumnya ingin menjadi juara ajang Idola Cilik, kini Iqbaal punya tujuan yang baru.

Tujuan barunya itu terbentuk seiring dengan kesuksesannya di dunia musik sekaligus film yang juga ia geluti.

"Lalu life goal saya berubah. Jadi gimana karier dan pendidikan saya bisa berjalan beriringan. Roda kehidupan kan berputar. Investasi terbesar menurut saya bukan duit dan tanah, tapi ilmu," ujar dia.

Iqbaal akhirnya memutuskan untuk bersekolah di Amerika Serikat. Ia bersekolah di United World Colleges (UWC), New Mexico, dengan mendapatkan beasiswa.

Sebagai informasi, UWC merupakan lembaga pendidikan setara sekolah menengah atas (SMA). Para siswa UWC berasal dari berbagai negara.

"Setelah saya lulus (di Amerika). Life goal saya berubah lagi. Saya melihat banyak anak-anak di Indonesia yang berbakat dan pintar. Life goal saya saat ini adalah bagaimana anak-anak di Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bisa mengenyam pendidikan yang lebih baik, sama seperti saya," kata Iqbaal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com