Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wiro Sableng Berkenalan dengan Milenial lewat Game AOV

Kompas.com - 26/07/2018, 20:05 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Ati Kamil

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Banyak cara dilakukan oleh pihak pembuat film Wiro Sableng untuk mengenalkan film tersebut ke milenial.

Setelah merchandise, kini Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 itu masuk ke dunia game. Karakter Wiro Sableng akan menjadi hero dalam game Arena of Valor (AOV).

"Kami ingin mengenalkan Wiro Sableng ini kepada anak-anak millenials yang belum lahir ketika bukunya ditulis," kata produser Wiro Sableng, Sheila "Lala" Timothy, di Gedung Pacific Century Place, SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (26/7/2018).

"Game ini adalah salah satu cara kami bertemu dengan millenials agar bisa menerima Wiro Sableng," tambahnya.

Baca juga: Sheila Timothy: Wiro Sableng 30 Agustus

Wiro Sableng merupakan hero lokal Indonesia pertama yang akan hadir dalam game AOV.

Namun, karakter itu baru bisa dimainkan oleh para pemain AOV di Arena Antaris pada 30 Agustus 2018, bersamaan dengan film Wiro Sableng besutan sutradara Angga Dwimas Sasongko tersebut dirilis.

Lala menambahkan bahwa ide merambah dunia game itu sudah ada sejak awal dan persiapannya mulai enam bulan lalu.

"Sejak awal kami sudah memutuskan bahwa Wiro Sableng ini akan menjadi punya banyak turunan, bukan cuma film. Terus, Caravan Studio menawarkan bagaimana kalau kita kerja sama dengan game. Nah, game yang diajukan waktu itu adalah AOV," tutur Lala.

Baca juga: Wiro Sableng Itu Film Action, Jadi Enggak Mungkin Murah

Setelah Sheila Timothy dan timnya mempelajari profil AOV, mereka tertarik dan memutuskan mengembangkan Wiro Sableng menjadi karakter game.

"Kami menawarkan ke AOV dan AOV menerima. Wiro kan IP (intelectual property) yang udah dikenal di Indonesia dari 1967. Fans-nya banyak dan sangat mewakili Indonesia, ceritanya sangat Indonesia, martial art-nya juga pencak silat," ujar Lala.

"Jadi, animonya bangkit kembali, orang percaya lagi, dan orang kangen lagi sama Wiro, sehingga akhirnya Garena AOV memutuskan untuk mau kerja sama. Dan, kami pun sangat bangga karena gamer AOV banyak sekali, enggak cuma di Indonesia, tapi juga di Asia," tambahnya.

Baca juga: Teaser Wiro Sableng Diputar dalam Screening Deadpool 2 di Singapura

Hadirnya Hero Wiro Sableng di AOV merupakan proyek kerja sama antara Lifelike Pictures, Caravan Studio, Tencent Timi Studio, Garena Indonesia, dan pihak-pihak lainnya.

Film Wiro Sableng merupakan adaptasi dari buku seri Wiro Sableng karya Bastian Tito yang terdiri dari 185 judul.

Buku tersebut untuk kali pertama diterbitkan pada 1967 hingga 2006 dan pernah sekali diangkat ke layar lebar serta sinetron seri.

Baca juga: Dimajukan, Film Wiro Sableng Akan Rilis Agustus 2018

Film kerja sama antara Lifelike Pictures dengan Fox International Production (divisi 20th Century Fox) itu menghadirkan artis peran Vino G Bastian sebagai pemeran Wiro Sableng.

Ada pula sederet artis peran ternama Indonesia lainnya, antara lain Marsha Timothy, Andy "/rif", Sherina Munaf, Yayan Ruhiyan, dan Fariz Alfarizi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com