Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sujiwo Tejo: Kalau Yakin dengan Kesenianmu, Kamu Tidak Akan Beralih

Kompas.com - 30/07/2018, 07:43 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran, penulis dan budayawan Sujiwo Tejo memberikan tanggapan tentang para artis tanah air yang menjajal peruntungan dalam bidang politik.

Saat berbincang dengan Kompas.com di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Barat, Jakarta Pusat, Jumat (27/7/2018), Jiwo menganalogikan tanggapannya dengan makanan pedas.

"Mau tanggapan yang pedes apa yang biasa? Karetnya satu apa yang dua?" kata Sujiwo.

"Kalau artis-artis ke politik ini tanggapan dua karetnya adalah kalau kamu masih kreatif di dalam kesenianmu. Masih yakin dengan kesenianmu, kamu enggak akan beralih ke politik," ungkapnya.

Namun, Sujiwo juga berharap artis yang berpolitik benar-benar mengemban amanah rakyat dengan baik, sebaik saat mereka berkarya di industri hiburan.

"Sekarang tanggapan karet satu, ya selamat menempuh bidang-bidang baru yang penting lakukan bidang-bidang itu, yang setotal ketika di kesenian," ujar Sujiwo.

Sujiwo memang dikenal kerap melontarkan kritikan tentang kondisi politik Indonesia. Namun Sujiwo mengaku tak tertarik masuk ke dunia politik.

"Enggak tertarik politik karena sombongnya... aku sangat yakin dengan kesenianku. Rasanya selama aku masih jatuh cinta aku akan tetap nulis, aku akan tetap akting, aku akan tetap bersyukur," imbuhnya.

Baca juga: Jadi Dukun, Sujiwo Tejo Beradegan Terbakar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com