Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Dukun, Sujiwo Tejo Beradegan Terbakar

Kompas.com - 27/07/2018, 20:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran dan penulis Sujiwo Tejo (55) bercerita bahwa untuk kali pertama dirinya menjalani shooting adegan terbakar ketika main dalam film Kafir.

Meski memakai jasa pemeran pengganti, Jiwo mengaku dirinya melakukan sebagaian besar adegan itu sendiri.

Hal itu dikatakan oleh Sujiwo Tejo ketika berkunjung ke kantor Kompas.com di Gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Barat, Jakarta Pusat, Jumat (27/7/2018), dalam rangka promosi film Kafir.

Baca juga: Untuk Film Kafir, Upi Tak Mau Remake

"Aku pertama kali juga itu merasakan adegan pembakaran. Jadi, kami dikasih gel terus pakai baju kayak (kostum) diving gitu, ketutup, dilapisi lagi, terus dibakar," ucap Jiwo.

"Pakai stuntman di beberapa titik, tapi secara umum aku yang lakukan. Nah, itu biasanya ada doa-doanya. Pemadam kebakaran juga siap di sekitar sana," sambungnya.

Baca juga: Upi: Film Kafir Sangat Berbeda dengan Pengabdi Setan

Jiwo diketahui sebelumnya juga bermain dalam film dengan judul yang sama pada 2002. Kali ini, Jiwo kembali berperan sebagai seorang dukun bernama Jarwo.

"Sentral perannya, tapi tidak sebanyak yang di pertama, karena dia tokoh hitam yang sentral di situ. Pembalasan-pembalasan dendam dari karakternya bersandar kepada Jarwo ini," ujar Jiwo.

Baca juga: Main Film Horor, Sujiwo Tejo Merasa Terbantu dengan Wajah Seramnya

Kafir bercerita tentang sebuah keluarga yang mengalami serangkaian kejadian mistis setelah sang ayah meninggal dunia secara tak wajar.

Dalam film yang disutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis itu, Jarwo dimintai tolong oleh tokoh ibu, Sri, yang diperankan oleh artis peran Putri Ayudya, untuk memecahkan misteri kematian suaminya.

Baca juga: Sebelum Putri Ayudya, Upi Inginkan Happy Salma untuk Film Kafir

"Ada istri yang ditinggal suaminya, diduga dibunuh karena santet. Ada pembalasan dendam lah, minta tolong sama Jarwo, tapi Jarwo ini punya story juga sama si istri ini. Kemunculan-kemunculan Jarwo termasuk saat jadi arwah itu sangat pengaruhi plot dari film ini," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+