Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Crazy Rich Asians Patahkan Citra Klise Orang-orang Asia di AS

Kompas.com - 26/08/2018, 14:11 WIB
Ati Kamil

Editor

NEW YORK, KOMPAS.com -- Crazy Rich Asians (2018), film komedi romantik yang disutradarai oleh Jon Chu dari AS, menyajikan dunia orang-orang kaya yang cantik dan tampan.

Dengan latar belakang Singapura, yang eksotis sekaligus ultra-modern, film ini menyuguhkan dongeng masa kini dan membuat orang-orang Asia bangga.

Namun, yang benar-benar membedakan film ini dari film-film lain adalah upaya film ini untuk tidak menampilkan artis-artis peran Asia dalam stereotip yang acapkali digambarkan oleh media.

Baca juga: Popcon Asia 2018 Akan Hadirkan Animasi hingga Film Gundala

Film ini dibikin berdasarkan buku Kevin Kwan yang berjudul sama dan dimulai dengan cerita pasangan muda Asia di New York, AS.

Rachel Chu, diperankan oleh Constance Wu, merupakan profesor ilmu ekonomi di New York University. Nick Young, yang dimainkan oleh Henry Golding, berasal dari Singapura.

Setelah berpacaran selama lebih dari setahun, pasangan itu mulai serius. Namun, mereka masih belum beranjak ke pernikahan.

Baca juga: EXO dan Red Velvet Akan Goyang Busan One Asia Festival 2018

Nick Young mengundang Rachel Chu ikut ke acara pernikahan sahabatnya di Singapura. Nick berencana mengenalkan Rachel kepada keluarganya.

Constance Wu mengatakan bahwa film ini tidak menyuguhkan citra klise orang-orang Asia, sebagai minoritas yang terpinggirkan di AS.

"Acapkali Hollywood berpendapat bahwa orang-orang Asia itu memiliki citra tunggal. Seakan tidak ada perbedaan antara warga Asia sebenarnya dengan warga Amerika keturunan Asia. Atau dengan warga Inggris keturunan Asia, atau dengan warga Australia keturunan Asia. Padahal, ada perbedaan besar di sana! Karena, ada budaya yang berbeda. Film ini berusaha memperlihatkan perbedaan dan ini jarang terjadi," ungkapnya.

Baca juga: Di Puncak Box Office AS Ada Hotel Transylvania 3

Pesan film ini dan sinematografinya yang mewah tampaknya berhasil. Crazy Rich Asians mencatat rekor dalam penjualan tiket, sehingga memberi harapan bahwa artis-artis peran Asia akhirnya bisa menjadi bagian dari Hollywood.

Akhir minggu lalu (19/8/2018) waktu setempat tercatat bahwa Crazy Rich Asians meraup kira-kira 25,2 juta dollar AS dari 3.384 tempat pemutaran film tersebut di AS selama akhir minggu lalu itu.

Baca juga: A Quiet Place Kalahkan Ready Player One di Box Office

Film tersebut telah mengantongi 34 juta dollar AS sejak diputar pada Rabu (15/8/2018) waktu setempat di AS, jauh melebihi perkiraan.

Pada box office AS akhir minggu itu, Crazy Rich Asians menggeser film laga Mile 22 dari puncak ke posisi kedua.

Itu merupakan keberhasilan besar bagi film produksi Warner Bros., yang dibuat dengan biaya 30 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com