Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Happy Salma Ingin Batik Jadi Jati Diri Bangsa Indonesia

Kompas.com - 02/10/2018, 15:39 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Ati Kamil

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Memperingati Hari Batik Nasional 2018, pada Selasa ini (2/10/2018), artis peran Happy Salma (38) berharap banyak orang menyadari bahwa batik merupakan bagian dari jati diri Bangsa Indonesia.

Hal itu dikatakan oleh Happy dalam jumpa pers film Sekar di Galeri Indonesia Kaya, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (1/10/2018).

"Ya, inginnya bahwa batik itu bukan hanya menjadi identitas kita, tapi jati diri kita. Bahwa kita menggunakan batik bukan hanya pada saat tertentu, atau klaim batik milik Indonesia, tapi dengan sendirinya," tuturnya.

"Sama seperti baju sari, tanpa mereka klaim baju sari itu milik India, orang udah tahu itu milik India. Penginnya juga gitu, batik tanpa harus kita rayakan ini punya Indonesia, tapi kita tahu bahwa batik milik Indonesia," sambungnya.

Baca juga: Happy Salma Melestarikan Batik Indonesia Lewat Film Sekar

Bersama Titimangsa Foundation, yang ia miliki, dan Bakti Budaya Djarum Foundation, Happy Salma membuat sebuah film pendek Sekar, dengan pesan pelestarian batik Indonesia.

Happy menerangkan, awalnya ia ingin kembuat sebuah film pendamping untuk mendukung bisnis perhiasan bermotif batik yang dimilikinya.

Baca juga: Chacha Frederica: Batik Itu Identitas Bangsa

"Jadi, memang awalnya waktu itu punya ide, saya ada brand Tulola, ambil motif dari batik Kudus jadi perhiasan. Saya membayangkan bagaimana orang bisa merasakan batik itu adalah sebuah proses kehidupan," ucapnya.

"Coba kami bikin ya film pedamping untuk perhiasan itu. Sampai akhirnya saya lupa kepada perhiasan yg akan kami buat. Karena keasyikan menggali bagaimana membuat film ini dan dipublikasikan ke orang banyak," lanjutnya.

"Ini persembahan kami buat Indonesia. Ini rangkaian untuk melestarikan batik Indonesia," ujar Renita Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, dalam acara yang sama.

Baca juga: Christine Hakim Pernah Dikira Pedagang Batik oleh Sharon Stone

Sekar, yang disutradarai oleh Kamila Andini, mengisahkan perempuan tuna netra bernama Sekar yang diperankan oleh artis pendatang baru Sekar Sari.

Sekar menaruh seluruh dunianya pada batik buatan sang ibu yang dimainkan oleh aktris senior Christine Hakim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com