Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Happy Salma Melestarikan Batik Indonesia Lewat Film Sekar

Kompas.com - 01/10/2018, 17:36 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Titimangsa Foundation yang dipimpin oleh aktris Happy Salma bersama Budaya Djarum Foundation membuat sebuah film pendek untuk melestarikan batik Indonesia bertajuk Sekar.

Happy menerangkan, awalnya dia ingin membuat sebuah film pendamping untuk mendukung bisnis perhiasan bermotif batik yang dimilikinya.

Hal itu dikatakan Happy dalam jumpa pers film Sekar di Galeri Indonesia Kaya, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (1/10/2018).

"Jadi memang awalnya waktu itu punya ide, saya ada brand Tulola, jadi ambil motif dari batik Kudus jadi perhiasan. Saya membayangkan bagaimana orang bisa merasakan batik itu adalah sebuah proses kehidupan," tutur Happy.

Baca juga: Happy Salma Kaget Tusuk Konde Tulola Banyak Disukai

"Coba kita bikin ya film pedamping untuk perhiasan itu. Sampai akhirnya saya lupa dengan perhiasan yang akan kita buat. Karena keasyikan menggali bagaimana membuat film ini dan dipublikasikan ke orang banyak," lanjutnya.

"Ini persembahan kami buat Indonesia. Ini rangkaian untuk melestarikan batik Indonesia," sambung Renitasaeu Adrian, selaku program director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Film pendek yang disutradarai oleh Kamila Andini itu mengisahkan perempuan tuna netra bernama Sekar yang diperankan oleh artis pendatang baru Sekar Sari.

Sekar menaruh seluruh dunianya pada batik buatan sang ibu, yang dimainkan oleh aktris senior Christine Hakim.

Sekar mengatakan, film berdurasi 30 menit itu mengisahkan hubungan antara ibu dan anak. Dia juga menjelaskan pandangan yang lebih dalam tentang persamaan hubungan tersebut dengan batik.

"Dan film ini juga relasi yang sangat erat antara ibu dan anak. Saya rasa di situlah makna batik dan cinta kasih ibu ke anak sama-sama intangible," ucap Sekar.

"Seperti batik kadang kita enggak ngerti apa sih maknanya, tapi ternyata ada filosofinya, itu adalah rapalan-rapalan doa. Cinta kasih ibu ke anak sangat abstrak, jadi kita harus mengaktifasi semua indra. Sama kayak batik, kadang tidak bisa dimengerti hanya dengan dilihat," imbuhnya.

Sekar versi 8 menit akan dirilis di akun YouTube Indonesia Kaya pada Selasa 2 Oktober 2018 esok, yang bertepatan juga dengan Hari Batik Nasional.

Baca juga: Happy Salma Buka Pameran Namaku Pram: Catatan dan Arsip

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com