Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangkitkan Musik Bandung, 44 Musisi Akan Tampil Satu "Panggung"

Kompas.com - 09/10/2018, 16:35 WIB
Reni Susanti,
Irfan Maullana

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - Sebanyak 44 musisi kenamaan asal Bandung akan tampil bersama dalam Preanger Fest. Acara tersebut akan digelar 13-14 Oktober 2018 di Lapangan PPI Bandung, Jawa Barat.

"Ada 44 musisi, 3 stage, 2 hari, dengan satu tujuan yakni lokal kudu vokal. Kami akan makin membangkitkan musik Bandung," ujar Indradjid Sofwan dari Havas Indonesia, perwakilan penyelenggara di Bandung, Selasa (9/10/2018).

Indradjid mengatakan, 44 musisi itu berasal dari Bandung dan lintas generasi. Hal tersebut unik, karena para musisi berasal dari aliran berbeda dengan usia yang juga beragam.

"Ada Bimbo dengan lagu religinya. Bimbo membuktikan musiknya bertahan meski lintas generasi," ungkapnya.

Baca juga: Gelar Konser Perpisahan di Bandung, Boyzone Janji Bawakan Lagu Terbaik

Selain itu, ada sejumlah band yang alirannya berbeda dengan Bimbo. Seperti Mocca, PAS Band, Burgerkill, The Groove, Koil, dan Pure Saturday.

Tak hanya itu, acara ini menghadirkan band-band generasi penerus seperti Ikkubaru, Heals, Parahyena, The Schuberts, dan lainnya.

"Lewat Preanger Fest, semua musisi terbaik asal Jawa Barat berkumpul untuk menyuarakan semangat 'lokal kudu vokal' melalui ciri khas musikalitas masing-masing," imbuhnya.

Mengenai pemilihan 44 musisi, Indradjid mengaku terjadi perdebatan panjang dalam penentuan musisi tersebut. Namun ia yakin bahwa 44 musisi ini bisa menggambarkan musik di Bandung.

Apalagi musik tidak bisa dipisahkan dari Bandung. Kontribusi musisi Bandung dalam peta industri musik Indonesia sudah mulai sejak berdekade lalu.

Vokalis Rocket Rockers Aska mengaku bahagia bisa berpartisipasi dalam pagelaran ini. Ia berjanji akan menyuguhkan sesuatu yang berbeda.

Seperti diketahui, Rocket Rockers kerap tampil dengan kostum unik. Seperti mengenakan pakaian selam saat tampil di Soundrenaline.

"Kalau kostum belum ada. Kita juga akan mengubah aransemen lagu dalam Preanger Fest nanti," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com