Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah 32 Tahun Berkarya, Yovie Widianto Masih Risih Patok Harga Tiket Terlalu Mahal

Kompas.com - 15/10/2018, 21:30 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah berkarier selama 32 tahun di belantika musik Indonesia, pianis Yovie Widianto masih merasa segan mematok harga tiket yang terlalu mahal untuk konsernya.

Yovie akan menggelar konser bertajuk Inspirasi Cinta di Jakarta Covention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, pada 7 November 2018.

"Sejujurnya agak sempat berbeda pendapat sama pihak Berlian Entertainment (promotor) karena saya inginnya tiket konsernya itu terjangkau," kata Yovie usai konferensi pers konsernya di CGV Pacific Place, Jakarta Selatan, Senin (15/10/2018).

Ketika mengetahui harga termahal tiketnya mencapai Rp 6.548.000 untuk kelas Diamond, Yovie merasa risih. Festival yang seharga Rp 858.200 dan kelas Silver seharga Rp 1.119.800 saja ia anggap mahal.

"Untuk saya mahal banget Rp 6,5 juta tiketnya. Lalu festivalnya Rp 800 ribuan sampai Rp 1 juta gitu. Mahal sih," ujar Yovie.

Baca juga: Ingin Buat Kenangan Berharga, Yovie Widianto Gelar Konser Inspirasi Cinta

Namun, kemudian pihak promotor memberikan penjelasan mengapa perlu mematok harga yang tinggi untuk tiket konsernya. Pertama, karena Yovie bukanlah musikus sembarangan, dia sudah menelurkan ratusan karya dan telah meraih berbagai penghargaan musik.

Kedua, lanjut Yovie, harga itu dipasang untuk mengetahui seberapa besar apresiasi pecinta musik Indonesia terhadap musikus Tanah Air.

"Katanya, 'Biar kamu tahu bahwa bahwa orang mengapresiasi musik kamu, enggak kalah dari musik luar yang tiketnya mahal'. Oh dari sisi itu ada nasionalisme yang dibawa jadi saya akhirnya mendukung," kata Yovie.

Setelah digelontorkan, ternyata dari enam kelas yang ada empat di antaranya sudah ludes terjual, yakni kelas Festival, Bronze, Silver, hingga Diamond yang tiketnya paling mahal.

Saat ini, dari 4.000 tiket yang dijual masih tersisa 40 tiket untuk kelas VIP dan Gold.

"Ini sebuah kehormatan luar biasa karena harganya enggak murah. Kalau saya sendiri masih mikir pasti kalau beli tiket segitu. Tapi dengan apresiasi itu saya merasa terharu dan tersanjung bahwa musik Indonesia tidak kalah dengan musik dalam negeri," ujar Yovie.

"Yang datang ke sana besok yang menyisihkan uangnya, saya berterima kasih sekali karena ini apresiasi yang besar. Bukan hanya saya, tapi juga banyak teman-teman musisi yang jadi tau bahwa musik Indonesia sudah sedemikian dihargainya, dicintainya," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com