Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: The Walt Disney Company Berdiri..

Kompas.com - 16/10/2018, 11:41 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mickey Mouse, Donald Duck, Goofy merupakan tiga karakter kartun yang paling populer di dunia. Ketiga karakter dengan sifat dan perilaku berbeda itu merupakan tokoh rekaan The Walt Disney Company, yang berulang tahun hari ini.

Hari ini 95 tahun yang lalu, tepatnya 16 Oktober 1923 The Walt Disney Company berdiri atas kolaborasi kakak beradik Walt Disney dan Roy Oliver Disney.

Pada awal pendiriannya, nama yang digunakan adalah Disney Brothers Cartoon Studio yang berpusat di Burbank, California, Amerika Serikat.

Melalui berbagai macam pendekatan bisnis yang berbeda, mereka menjadikan Walt Disney Company menjadi salah satu industri hiburan dan media terbesar di dunia.

Bangunan pertama

Pada awalnya, perusahaan ini berdiri di sebuah kantor kecil yang terletak di Los Angeles, Amerika Serikat. Tempat itulah sebagai ide awal pembentukan The Walt Disney Company.

Walt Disney dengan pengalaman sebagai animator, sedangkan saudaranya Roy Oliver Disney dengan pengalaman sebagai seorang pengusaha, mulai berkolaborasi mengembangkan ide-ide kreatif di bidang animasi.

Baca juga: Menjaga Warisan Walt Disney dengan Inovasi dan Teknologi

Animasi film pendek yang sering disebut Alice Comedies mulai mereka produksi pada periode 1920-an. Beberapa bulan, film pendek itu mulai laris dipasarkan dan menjadikan lokasi pengembangan juga diperluas dengan berbagai fasilitas yang mumpuni.

Pada 1928, Mickey Mouse lahir di studio itu. Setelah karakter tikus, Disney juga mengembangkan karakter lain seperti Pluto, Goofy, Donald Duck, dan anggota geng Disney lainnya.

Karakter Goofy berpose di area Hong Kong Disneyland Resort (HKDL).Ampersand Studio Co. Ltd. Karakter Goofy berpose di area Hong Kong Disneyland Resort (HKDL).

Pada 1937, figur animasi dengan berbagai karakter tokoh mulai ditampilkan secara bersamaan. Setelah itu, figur kartun hewan mulai dikenal di masyarakat.

Sejumlah film berikutnya juga dikembangkan dengan karakter baru, antara lain Snow White and the Seven Dwarfs (1937), Pinocchio (1940), dan Fantasia (1940).

Berkat inovasi kedua bersaudara itu, keuntungan finansial mulai bertumbuh. Film yang mereka produksi mendapat respons baik dari masyarakat.

Perusahaan itu mulai mengembangkan 51 hektar tanah di Burbank, California untuk tujuan pembuatan film animasi yang lebih besar.

Walt secara pribadi terlibat dengan semua aspek dalam perancangan studio. Dari tata letak bangunan hingga desain kursi animator. Perhatian utamanya adalah untuk menghasilkan pabrik produksi mandiri yang menyediakan semua fasilitas penting untuk seluruh proses produksi.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Walt Disney, Pelopor Kartun Animasi

Setelah persiapan matang, perusahaan pindah ke Burbank pada 1940. Dalam gedung baru itu banyak bangunan yang dihubungkan oleh terowongan bawah tanah, sehingga dalam cuaca buruk, proses pembuatan film animasi tidak terganggu.

Selama 1940-an dan 1950-an banyak fitur animasi terkemuka diproduksi di Burbank, termasuk Fantasia, Bambi, Cinderella, Alice In Wonderland, dan Peter Pan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com