Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Babe Cabiita Khawatir Klasifikasi Umur Penonton Film Bioskop Sekadar Formalitas

Kompas.com - 19/10/2018, 09:25 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Komika Babe Cabiita menyampaikan unek-uneknya tentang klasifikasi umur penonton film bioskop yang ditentukan oleh Lembaga Sensor Film (LSF) tak cuma formalitas. Menurut dia, klasifikasi tersebut tak punya pengaruh yang kuat kepada penonton.

"Sebenarnya LSF sudah berjalan dengan semestinya. Cuma memang perlu kampanye tentang sensor mandiri karena aku melihatnya tidak berpengaruh soal klasifikasi umum penonton film," kata Babe dalam konferensi pers Anugerah LSF 2018 di Menara Kompas, Jakarta Pusat, Kamis (18/10/2018).

Ia memberi contoh pengalamannya sendiri. Menurut Babe, untuk film-film yang klasifikasinya 17 dan 21 tahun ke atas ia tak pernah menemukan petugas bioskop yang menanyakan kartu identitas calon penonton.

"Ketika di bioskop, tidak pernah ditanya KTP. Sekadar formalitas aja klasifikasi umur. Makanya penting sensor mandiri," ujar pemain film Comic 8 ini.

Baca juga: Rumah Babe Cabiita Jadi Ramai Semenjak Kehadiran Buah Hati

Babe mengingat bahwa ia dan teman-temannya pernah tenganga ketika melihat rombongan anak-anak SD bersama guru mereka nonton bareng salah satunya filmnya yang berating 17 tahun ke atas.

"Itu film saya 17 tahun ke atas tapi yang nonton bareng anak-anak SD. Ya mungkin kan anak SD suka stand up comedy, jadi mungkin mereka pikir lucu-lucuan aja filmnya," ucap Babe.

"Padahal klasifikasinya 17 tahun ke atas. Nah, makanya kan tidak teredukasi," tambah ayah satu anak itu.

Baca juga: Ini Alasan Fati Indraloka Mau Menikah dengan Babe Cabiita

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com