Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Penglihatan Anak Surya Saputra Mulai Membaik Pasca-operasi Kecil

Kompas.com - 20/10/2018, 11:08 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak artis peran Surya Saputra yang masih berusia balita, Atharva Bimasena Saputra, mengalami gangguan penglihatan. Kondisi ini diketahui sebagai dampak dari lahir prematur sehingga Bima didiagnosa memiliki gangguan retinopati posterior agresif prematuritas (AP ROP).

Menurut Surya, untuk mengatasi masalah ini Bima harus menjalani operasi kecil beberapa waktu lalu.

"Jadi itu udah ada penanganannya, ada operasi kecil. Alhamdulillah sekarang matanya sehat, bisa lihat. Memang harus pake kacamata minus," kata Surya dalam wawancara di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Baca juga: Surya Saputra: Perkembangan Tatjana Lebih Cepat Daripada Bima

Bima mengalami gangguan AR ROP sejak usianya menginjak dua bulan. Sejak itu, Surya dan istrinya Cynthia Lamusu, harus bolak-balik ke dokter untuk mengecek kesehatan Bima.

Meski demikian Surya mengaku tidak terlalu risau dengan hal itu. Dia lebih mengkhawatirkan tumbuh kembang anak untuk ke depannya.

"Saya pikirkan adalah bagaimana tumbuh kembangnya Bima ini lebih baik. Karena kalau enggak pakai kacamata pasti akan burem. Kalau burem pasti akan berpengaruh nanti belajarnya," kata Surya.

Lantas apakah gangguan pada mata tersebut bisa pulih seperti sediakala?

"Kalau soal itu saya enggak tahu. So far sih so good, enggak ada masalah. Doakan saja sampai dewasa nanti tidak ada masalah," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com