Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indra Q: Titi Qadarsih, Perempuan Tangguh

Kompas.com - 22/10/2018, 20:02 WIB
Andika Aditia,
Ati Kamil

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Model dan artis peran Titi Qadarsih (73) meninggal dunia pada Senin (22/10/2018) di Jakarta.

Titi meninggal akibat menderita kanker usus, setelah beberapa bulan menjalani perawatan.

Putra pertama Titi Qadarsih, pemusik Indra Q, mantan pemain keyboard band Slank, mengenang ibunya sebagai sosok yang sangat mencintai anak-anaknya.

Indra pun merasa bersyukur diberi kesempatan untuk berbakti kepada ibunya. 

"Mama itu manifestasi kasih sayang dari Allah buat saya di dunia ini. Karena bagaimana lagi saya bisa rasakan kalau bukan melalui ibu sendiri," ucap Indra ketika ditemui di rumah duka di kawasan Cinangka, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Senin (22/10/2018).

Bagi Indra Q, Titi Qadarsih  merupakan perempuan tangguh yang tak pernah mau mengeluh mengenai kondisi hidup sesulit apa pun. Bahkan, selama Titi sakit, Indra tak mendengar banyak keluhan keluar dari mulut ibunya.

"Mama tuh ibu yang kuat, ibu yang tegar. Di situ saya belajar, kalau mengeluh juga bukan ke orang. Ya, di situ saya belajar mengeluh bukan ke orang, melainkan ke yang ada di dalam (hati) sini," ucap Indra sambil menepuk dadanya.

Indra Q juga menceritakan bahwa Titi Qadarsih meninggal dunia dalam perjalanan pulang ke rumah dari sebuah hotel dekat rumah sakit di mana Titi menjalani pengibatan, Lanjut Indra, ia berada di sisi ibunya pada saat-saat sebelum ibunya mengembuskan napas terakhir.

"Ya, pas di (dalam) mobil, tadi meninggalnya. Jadi, kan memang kami menginap di hotel kemarin, karena (dekat rumah sakit). Begitu mau ke mobil kan mesti naik kursi roda dan saya gendong dulu, pas saya gendong Mama sudah mulai enggak sadar," tutur Indra.

"(Indra bertanya) 'Mama mau apa sih? Mau minum ya?' Sudah enggak jawab, sudah setengah-setengah napasnya. Di situ saya mulai bingung tuh, mau dibawa ke mana, ke rumah sakit lagi atau ke rumah," sambung Indra.

Indra mengatakan bagwa jenazah ibunya akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Selasa (23/10/2018) pagi.

"Tanah Kusir, memang keputusan kami, keluarga, sih, karena dekat dengan (makam) kakek saya," imbuh Indra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com