Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Big Leap, Mini Album Kompilasi Lima Musisi Lintas Genre

Kompas.com - 01/11/2018, 13:07 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - The Big Leap, merupakan mini album kompilasi untuk lima musisi dari lintas genre berbeda.

Kelimanya terpilih dalam rangkaian ajang Go Ahead Challenge (GAC): Musik Gue, Ekspresi Gua yang digelar sejak Agustus 2018 lalu lewat sebuah audisi.

Mereka adalah Logic Lost (Jakarta) dengan lagu "A Way Out", toRa (Jakarta) lagu "Kalam Kota", Sabtu 7017 (Garut) lagu "Ambisius", Three Day (Banjarmasin) lagu "Terjebak Ruang", dan Mount of Mean (Bandung) lagu "Wait For Love".

Sebelum pembuatan mini album, mereka diseleksi oleh lima orang juri berdasarkan genrenya masing-masing. Kelima juri tersebut adalah KimoKal, Laze, Rekhti S.I.G.I.T, Nikita Dompas, dan Marco Steffiano. Kelimanya juga menjadi mentor untuk mereka ketika pembuatan mini album tersebut.

Baca juga: Menikmati Musik Lintas Genre di Synchronize Fest 2017

"Dipilih top 5 yang mewakili jazz, pop, rock, EDM, sama hiphop. Kami mewakili masing-masing genre itu sampai akhirnya dipilih dua orang untuk main juga di Soundrenaline 2018. Yang main saya (toRa) dan Lost Logic," kata toRa dalam jumpa pers di Guitar Freaks, Fatmawati, Jakarta Selatan, Rabu (31/10/2018).

toRa mengatakan, lagu "Kalam Kota" yang mengusung genre hip hop menceritakan tentang realita kehidupan. Ia berujar, tidak semua hal keinginan yang ingin dicapai berjalan dengan semestinya.

"Banyak halangan. Cerita seorang rapper yang punya cita-cita untuk jadi terkenal. Jadi semuanya itu menceritakan soal hidupnya di sini," kata toRa.

Sedang Lost Logic, sebuah proyek solo elektronik dari Dylan Amirio ini berkolaborasi dengan KimoKal, duo pop elektro yang dihuni oleh Rizky Ramadhan dan Kallula Harsyntha. Mereka membawakan lagu "A Way Out".

Dylan mengatakan, banyak perubahan dari sisi lirik dan aransemen musik dalam proses rekaman lagu tersebut. Kimokal, kata dia, banyak memberikan andil dalam lagunya. Ia berujar bahwa hal itu dilakukan untuk menyelaraskan lagu dengan tema album tersebut.

Untuk sisi cerita lagu, kata Dylan, mengisahkan tentang rasa kesepian.

"Kesepian yang memicu pikiran negatif. Lagunya itu keinginan gua untuk keluar dari perasaan gelap tersebut," kata Dylan.

Go Ahead Challenge (GAC) adalah sebuah ajang pencarian bakat yang sudah digelar untuk keempat kalinya. Album The Big Leap dirilis dalam format digital yang tersedia di berbagai platform musik.

 Baca juga: Tantowi Yahya Gandeng Penyanyi Lintas Genre untuk Album Country

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com