Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produser Legendaris yang Orbitkan Bruce Lee Meninggal Dunia

Kompas.com - 03/11/2018, 17:15 WIB
Irfan Maullana

Penulis

KOMPAS.com - Produser film legendaris Hong Kong, Raymond Chow, yang memperkenalkan aktor Bruce Lee dan Jackie Chan kepada dunia serta membawa Teenage Mutant Ninja Turtles ke layar lebar, telah meninggal pada usia 91 tahun.

Berpulangmya Chow membuat Sekretaris Perdagangan dan Pembangunan Ekonomi Hong Kong, Edward Yau berduka.

"Chow membantu memelihara sekelompok orang Hong Kong berbakat dan membawa mereka ke panggung internasional," katanya , dalam sebuah pernyataan seperti yang diberitakan New York Times, Jumat (2/11/2018).

Semasa hidupnya Chow dikenal sebagai seorang jurnalis yang menjadi publisitas untuk Shaw Brothers Studios. Dia mengaduk-aduk ratusan film dan mempopulerkan genre kung fu.

Baca juga: Artis Peran Laga George Taka Meninggal Dunia

 

Pendiri Studio Run Run Shaw segera memindahkan Chow ke sisi produksi bisnis setelah Chow mengeluh bahwa film dibuat dengan anggaran rendah dan jadwal pendek maka hasilnya akan tidak cukup baik.

"Saya katakan saya tidak berpikir bisa mempertahankan pekerjaan saya karena gambarnya sangat buruk," kata Chow kepada majalah Asiaweek pada tahun 1983.

Karena frustrasi dengan Shaw Brothers, Chow kemudian menciptakan perusahaan rumah produksinya sendiri, Golden Harvest, pada tahun 1970.

Dengan rumah produksinya sendiri Chow dengan cepat mengungguli majikan lamanya untuk mengambil aktor yang akan menjadi identik dengan film kung fu. Chow menandatangani Bruce Lee pada tahun 1971 setelah melihat dia di variety show televisi Hong Kong.

"Menghadapi Anda di layar, Anda merasa kehadirannya sangat kuat, sangat kuat," kata Chow kepada The Associated Press pada tahun 2005.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com