Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Tumor Jinak Bikin Daniel Mananta Mudah Tirukan Suara Ahok

Kompas.com - 05/11/2018, 20:24 WIB
Andika Aditia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presenter Daniel Mananta dipercaya memerankan sosok Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dalam film A Man Called Ahok garapan sutradara Putrama Tuta.

Dalam film tersebut Daniel begitu apik menirukan tiap gestur mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, termasuk suara serak khas Ahok.

Menurut Daniel, penyakit yang pernah ia derita pada bagian pita suara membuatnya lebih mudah meniru suara Ahok.

"Entah kenapa warna suara saya mirip. Dulu saya memang pernah kena musibah. Ada tumor jinak di pita suara yang membuat suara saya serak. Ternyata hal Itu jadi berkat karena suara saya jadi mirip Ahok," ucap Daniel saat ditemui dalam press screening film A Man Called Ahok di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (5/11/2018).

Baca juga: Daniel Mananta Naikkan Berat Badan demi Jadi Ahok

Namun, kata Daniel, meski sudah memiliki kemiripan suara, ia tetap butuh waktu beberapa saat agar benar-benar bisa meniru suara Ahok.

"Tapi saya memang tetap butuh 10 menit untuk mendalami Ahok, untuk bisa keluarin suara (serak) itu. Yang tersulit justru (bicara dengan) logat Belitung itu. Logat Belitung itu beda sama Malaysia. Biarpun sama-sama bahasa Melayu tapi melayu Malaysia dan Belitung tuh beda," ungkap pria berusia 37 tahun ini.

Agar perannya berjalan sempurna, Daniel mengaku sempat bertemu dengan kerabat Ahok saat proses shooting di Belitung.

Tujuannya, agar bisa merasakan langsung bagaimana berbicara dalam dialek Belitung dan bahasa Khek, bahasa yang dituturkan oleh orang Hakka, yang sering digunakan keluarga Ahok dalam keseharian.

"Jadi untuk ngeriset tentang penggunaan bahasa Khek, gue kebetulan ketemu dengan saudara sepupu Ahok, (namanya) koh Aliong, masih punya kedai kopi, gue ngobrol sama dia dan gue rekam suara pak Aliong kalau ngomong (bahasa) Khek seperti apa," ucap Daniel.

"Gue diskusi sama dia beberapa part (bagian) di script, gue rekam suara dia dan gue gunakan biar kesannya natural saja kalau ngomong bahasa Khek sama bahasa lain (saat shooting)," sambung Daniel.

Baca juga: Bertemu 3 Jam di Mako Brimob, Daniel Mananta Pelajari Ahok

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com