Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konser Mariah Carey di Borobudur, Kolaborasi Dua Mahakarya Dunia

Kompas.com - 06/11/2018, 07:33 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Kistyarini

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, merupakan mahakarya bersejarah nenek moyang abad ke-9 yang masih berdiri kokoh nan megah di bumi nusantara. Situs Buddha itu pun telah diakui UNESCO sebagai cagar budaya dunia.

Tak heran jika Candi Borobudur tidak pernah luput dari perhatian dunia. Para pelancong dari berbagai negera melakukan perjalanan untuk melihat langsung Mandala peninggalan raja-raja dinasti Syailendra itu.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC), Edy Setijono pihaknya berusaha mencetuskan gagasan-gagasan besar untuk mendorong masyarakat semakin mencintai candi Borobudur.

Salah satu gagasan itu adalah dengan pergelaran musik bertajuk "Himbara Borobudur Symphony Mariah Carey Live in Concert" di Taman Lumbini Komplek Candi Borobuduru Magelang, Selasa (6/11/2018).

"Gelaran musik ini merupakan kolaborasi dua mahakarya, yakni candi Borobudur sebagai cagar budaya dunia, disandingkan dengan mahakarya musik pesohor dunia secara bersamaan," ungkapnya, dalam jumpa pers di Hotel Tentrem Yogyakarta, Senin (5/11/2018)

Konser ini juga menjadi bagian upaya mempromosikan Candi Borobudur serta diplomasi budaya Indonesia di mata dunia

Pria yang akrab disapa Tyo itu menambahkan PT TWC sebagai badan usaha milik negara (BUMN) memiliki komitmen untuk ikut berpartisipasi memajukan pariwisata nasional, khususnya Candi Borobudur.

Ada sejumlah BUMN yang bersinergi dalam pagelaran ini, antara lain Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN yang kemudian bergabung dalam nama Himbara. Lalu Patra Jasa, PGN dan PLN.

"Ini wujud program sinergi BUMN untuk negeri. Kolaborasi pertama Himbara dan BUMN lain. kami duduk bersama, karena kami memiliki one mision, one nation, one family to excellent, demi meningkatkan pariwisata nasional," ulasnya.

Pihaknya berharap konser ini memberikan manfaat luar biasa bagi Candi Borobudur dan masyarakat di sekitarnya. Manfaat itu bisa terwujud setelah para penonton konser mengabadikan dalam foto, kemudian diunggah di media sosial masing-masing.

"Yang kami kejar efek promosinya, akan ada ribuan foto dari penonton yang akan tersebar di media sosial. Triger kami real, bagimana mengenalkan Borobudur sebagai tujuan utama wisatawan, apalagi dalam waktu dekat bandara NYIA di Kulonprogo jadi," papar Tyo.

Tyo mengatakan Mariah Carey dipilih dalam proyek ini karena terbukti memiliki kualitas musik yang tidak diragukan lagi.

Diva pop itu tercatat berhasil memenangkan banyak penghargaan bergensi, seperti Grammy Awards, Wolrd Music Awards, American Music Awards, hingga Billboard Music Awards.

Ketua Himbara, Maryono menambahkan bahwa Himbara sebagai perhimpunan bank-bank milik pemerintah mendukung setiap kegiatan yang bertujuan meningkatkan kunjungan wisatwan. Dengan demikian perekonomian masyarakat ikut menggeliat.

Ia menilai unsur hiburan seperti konser musik merupakan bagian penting dari bisnis pariwisata

"Tidak ada yang tidak bisa jika kita bersinergi. Apapun tau siapapun artis pasti bisa hadirkan," ucapnya.

Ia melihat antusiasme masyarakat, khususnya para nasabah di bank-bank tersebut yang luar biasa dengan adanya konser ini. Mereka antusias membeli tiket yang disediakan.

"Kami berharap Himbara Borobudur Symphony ini akan menjadi destinasi alternatif baru dalam memajukan dunia pariwisata Indonesia, ke mata dunia," ujar Maryono.

Baca juga: Mariah Carey Akan Gelar Konser dengan Latar Belakang Candi Borobudur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com