Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makna Judul Avengers: Endgame dan Teori Permainan Catur

Kompas.com - 08/12/2018, 13:08 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Trailer pertama dari film Avengers 4 telah dirilis pada Jumat (7/12/2018). Seiring dengan itu, judul film arahan sutradara Joe dan Anthony Russo itu akhirnya terkuak.

Setelah berbagai prediksi bermunculan, termasuk judul Annihilation, Avengers 4 berakhir dengan judul Avengers: Endgame. Lantas apa arti dari "End Game"?

Logo Avengers: EndgameYOUTUBE Logo Avengers: Endgame

Mari kembali sejenak ke bagian akhir film Avengers: Infinity War. Pada akhir pertarungan Thanos dan beberapa Avengers di Planet Titan, Tony Stark alias Iron Man (Robert Downey Jr) bertanya kepada Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) mengapa ia memberi Time Stone kepada Thanos.

Sambil terengah dengan wajah penuh luka, Doctor Strange mengucapkan kata yang tak asing kepada Tony Stark.

Baju zirah milik Thanos tampak dijadikan sebagai scare crow di dalam film Avengers: Endgame.YOUTUBE Baju zirah milik Thanos tampak dijadikan sebagai scare crow di dalam film Avengers: Endgame.

"We're in the end game now (Kita sudah berada di akhir permainan sekarang)," kata Doctor Strange.

Baca juga: Trailer Avengers 4 yang Ditunggu Akhirnya Rilis

"End Game", apakah itu menjadi satu atau dua kata dalam judul, tetap saja berarti akhir dari sesuatu. Begitu banyak orang mencarinya maknanya setelah trailer Avengers 4 keluar.

Situs web kamus Merriam-Webster menawarkan sebuah definisi menarik tentang "End Game". Menurut Merriam-Webster, istilah ini sebenarnya berasal dari dunia catur.

Dari berbagai sumber diketahui bahwa End Game adalah tahap akhir permainan di mana hanya ada sedikit bidak catur yang tersisa. Babak akhir paling krusial dari sebuah permainan catur, di waktu berpikir semakin sempit.

Jika seorang pemain tak punya kemampuan "end game" yang mumpuni, maka semua usaha kerasnya pada fase sebelumnya bisa menjadi sia-sia.

Adegan Tony Stark di dalam pesawat ruang angkasa milik Nebula seperti yang ditampilkan trailer Avengers: Endgame.YOUTUBE Adegan Tony Stark di dalam pesawat ruang angkasa milik Nebula seperti yang ditampilkan trailer Avengers: Endgame.

Thanos dan Avengers pun bisa diibaratkan sedang terlibat dalam sebuah permainan catur raksasa. Dalam Avengers: Infinity Stones, Thanos mengambil langkah skakmat lewat jentikan Infinity Gauntlet-nya yang mematikan.

Namun, permainan itu mungkin belum berakhir dan Doctor Strange sendiri membuat pengorbanan yang membingungkan. Dia menyerahkan Time Stone kepada Thanos.

Sama seperti pemain catur yang secara strategis mengorbankan atau menukarkan satu pionnya untuk membangun kemenangan akhir. Doctor Strange juga sebelumnya mengatakan bahwa Avengers hanya punya satu dibanding ribuan kemungkinan untuk menang dari Thanos.

Makna harfiah

Jika melihat makna harfiah End Mame, maka itu bisa berarti bahwa pertarungan para pahlawan Avengers telah berakhir dan sebuah cerita dari grup superhero baru akan segera bangkit untuk menggantikan mereka. End Game dapat mengacu ke akhir saga dan lebih lanjut tentang akhir dari Avengers itu sendiri.

End Game pun bisa menjadi petunjuk bahwa Avengers yang tersisa tidak akan muncul lagi dalam film-film Marvel Cinematic Universe (MCU) berikutnya.

Steve Rogers alias Captain America tampak menangis dalam sebuah adegan Avengers: Endgame.YOUTUBE Steve Rogers alias Captain America tampak menangis dalam sebuah adegan Avengers: Endgame.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com