Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Konser Nyanyian yang Tersimpan, Iwan Fals Akan Sajikan Lagu-lagu yang Tak Dirilis

Kompas.com - 09/12/2018, 11:50 WIB
Andika Aditia,
Ati Kamil

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Iwan Fals (57), penyanyi dan pencipta lagu kawakan yang juga bermain gitar dan harmonika, akan tampil dalam e-concert berjudul Nyanyian yang Tersimpan.

Konser itu akan diadakan pada 16 Desember 2018 di Live Space LOT 8, SCBD, Jakarta Selatan, dan akan ada live streaming-nya. 

Dalam konser yang diselenggarakan oleh MD Media tersebut, pemusik yang juga aktivis kemanusiaan ini akan menyajikan 20 lagu. Lima dari lagu-lagu itu tak pernah direkam dan dirilis dalam bentuk apa pun oleh perusahaan rekaman.

Baca juga: Iwan Fals: Konser Enggak Bikin Capek, Justru Menambah Energi

"Di perjalanan, saya juga merenungi (makna konser Nyanyian yang Tersimpan). Saya menganggap lagu itu hidup. Nah, ada beberapa lagu di konser itu yang header (tak pernah dirilis dalam bentuk apa pun)," tutur Iwan dalam wawancara eksklusif oleh Kompas.com, di kawasan Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (5/12/2018).

Pelantun lagu "Bongkar" ini menuturkan bahwa beberapa teman karibnya ternyata, tanpa sepengetahuannya, pernah merekam sejumlah lagu yang dicipta dan dinyanyikannya, tetapi lagu-lagu itu tidak dirilis.

Baca juga: Iwan Fals Akan Donasikan Hasil Penjualan Tiket Konser Nyanyian Yang Tersimpan

Teman-temannya itu sampai sekarang masih menyimpan rekaman tersebut.

"Lagu itu tak direkam dan dipasarkan (dalam bentuk apa pun), tapi ada di kalangan teman (yang merekam dan menyimpannya). Saya sering bikin lagu, teman-teman dekat diam-diam merekam itu semua. Jadi, kalau teman-teman bilang, itu lagu-lagu gaib," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com