Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miss Indonesia Lolos 20 Besar Miss Universe, Ini 3 Fakta Sonia Fergina Citra

Kompas.com - 17/12/2018, 13:07 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dalam perhelatan Miss Universe 2018, Indonesia kembali mengirimkan wakilnya, yakni Sonia Fergina Citra. Ia merupakan pemenang Putri Indonesia 2018 yang berasal dari Bangka Belitung.

Meski tidak berhasil membawa pulang mahkota kemenangan ke Tanah Air, namun Sonia menyabet sejumlah nominasi dalam perhelatan Miss Universe yang ke-67.

Berikut tiga fakta tentang Sonia Ferginia Citra di Miss Universe 2018.

20 Besar

Sonia Fergina Citra saat menjawab pertanyaan di 20 besar Miss Universe 2018.YouTube Miss Universe Sonia Fergina Citra saat menjawab pertanyaan di 20 besar Miss Universe 2018.

Sonia berhasil terpilih untuk mewakili Indonesia hingga 20 besar Miss Universe 2018. Untuk maju hingga tahap ini, ia harus menyingkirkan 74 kontestan lain dari berbagai negara.

Di 20 besar, ia berdiri bersama 19 putri kecantikan lain dari berbagai belahan dunia, tiga di antaranya dari Asia Tenggara. Mereka adalah wakil dari Filipina yang berhasil menjadi pemenang, Catriona Gray;  kemudian wakil dari Vietnam, H’Hen Nie; dan wakil dari Thailand, Sophina Kanchanarin.

Sayangnya, di babak 20 besar, langkah Sonia mendapatkan mahkota ratu kecantikan sejagat itu harus terhenti.

Baca juga: Miss Philippines Catriona Grey Menangkan Mahkota Miss Universe 2018

10 Besar Kostum Terbaik

Sonia Fergina Citra saat membawakan kostum nasional di Miss Universe 2018.YouTube Sonia Fergina Citra saat membawakan kostum nasional di Miss Universe 2018.

Meskipun secara keseluruhan langkahnya terhenti di 20 besar, di babak peragaan kostum nasional, Sonia berhasil masuk dalam 10 besar.

Peragaan itu digelar pada pertandingan permulaan, Preliminary Competition, Senin (10/12/2018) malam waktu setempat.

Pada kesempatan itu, Sonia mengenakan kostum dari Jember Fashion Carnaval dengan tema "Bird of Paradise".

Kostum itu memiliki konsep burung cenderawasih dengan paduan warna kuning, putih, dan merah. Tampak depan, kostum itu dihiasi bulu-bulu putih yang menjuntai di sisi kanan, kiri, dan atasnya.

Sementara di bagian belakang, terapat beberapa burung buatan yang terlihat mengepakkan sayapnya, menambah keanggunan putri yang berasal dari Bangka Belitung tersebut.

Di babak ini, ia bersama dengan sembilan kontestan dengan kostum nasional terbaik lainnya, yakni Kamboja, Meksiko, Thailand, Puerto Riko, Jepang, Vietnam, Ekuador, Panama, dan Peru.

Latar belakang keluarga yang beragam


Selama mewakili Indonesia di Miss Universe 2018, Sonia mengusung jargon "Be Diverse, Be Tolerate" (beragam dan toleran). Jargon ini ia angkat, karena latar belakang keluarga yang ia miliki.

Berdasarkan video yang diunggah akun YouTube Miss Universe, Sonia bercerita mengenai kondisi keluarganya yang memiliki empat kepercayaan berbeda.

Ayahnya, merupakan seorang praktisi Konfusianisme atau Kong Hu Cu, ibunya merupakan seorang Katolik. Sedangkan dua saudara laki-lakinya menganut Islam, sementara saudara perempuannya menganut Budha.

Perbedaan ini mengajarkan Sonia tentang arti toleransi dan hidup damai dalam perbedaan. Nilai-nilai inilah yang ia angkat selama mewakili Indonesia dalam Miss Universe 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com