Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Titanic" Tayang Perdana pada 19 Desember 1997, Jalan Menuju Film Terlaris

Kompas.com - 19/12/2018, 10:47 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peristiwa tenggelamnya kapal RMS Titanic yang menabrak gunung es di Samudra Atlantik pada 15 April 1912 menjadi salah satu tragedi terbesar abad ke-20.

Titanic yang menjalani pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris menuju New York, Amerika Serikat itu tenggelam saat membawa 1.517 orang penumpang dan awak.

Ada banyak spekulasi mengenai penyebab peristiwa itu, baik karena efek bulan purnama atau anjuran kapal lain yang tak dihiraukan oleh kapten kapal RMS Titanic.

Terinspirasi dari kisah bersejarah itu, seorang sutradara Kanada, James Cameron, membuat cerita berlatar belakang perjalanan RMS Titanic yang dibumbui dengan roman percintaan dua anak muda yang berbeda kasta.

Hari ini 21 tahun yang lalu, tepatnya pada 19 Desember 1997, film itu mulai disiarkan di bioskop-bioskop berbagai penjuru dunia. Bermula dari Amerika Serikat, akhirnya film ini mulai tersebar ke berbagai negara.

Dilansir dari History.com, selain mengisahkan bagaimana tenggelamnya kapal itu ke dalam lautan, film ini juga mengisahkan kisah cinta.

Film Titanic bercerita mengenai Rose DeWitt Bukater (Kate Winslet), perempuan kaya yang sudah menjadi tunangan orang, kemudian bertemu Jack Dawson (Leonardo DiCaprio), seorang petualang kelas pekerja dan seniman.

Meski Rose dan Jack merupakan karakter fiktif, peristiwa utama dan detail film dibuat seperti nyata secara historis. Karakter lain dalam Titanic juga sesuai dengan orang-orang yang benar ada pada masa lalu.

Salah satunya adalah seorang jutawan Amerika Serikat John Jacob dan Molly Brown yang ikut digambarkan dalam kisah itu ketika kapal mulai tenggelam di Atlantik Utara.

Baca juga: Ini Menu Makan Siang Kru Titanic Sebelum Pelayaran Nahas Tersebut

Terjun meneliti langsung

Setelah diluncurkan ke bioskop-bioskop, Titanic mendapat respons yang baik dari masyarakat. Pasalnya, ketika masa Perang Dunia II, film yang menceritakan tentang RMS Titanic pernah dibuat, namun mendapat penolakan keras dari beberapa kalangan.

Sebelumnya, James Cameron selaku sutradara menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk meneliti kisah mengenai jatuhnya kapal mewah ini.

Pada 1995, ia menyewa dua kapal selam Rusia dan melakukan serangkaian penyelaman untuk mengambil gambar interior dan eksterior di situs reruntuhan Titanic, yang terletak di lepas pantai Nova Scotia, Kanada.

Hal yang dilakukan Cameron untuk bisa menggambarkan jatuhnya RMS Titanic sesuai seperti aslinya. Akhirnya rencana selanjutnya adalah membangun replika kapal itu guna menunjang pembuatan film.

Kapal pesiar RMS Titanic dipandu kapal tunda saat meninggalkan galangan kapal Belfast, Irlandia Utara pada 2 April 1912. Robert John Welch/Harland & Wolff/Wikipedia Kapal pesiar RMS Titanic dipandu kapal tunda saat meninggalkan galangan kapal Belfast, Irlandia Utara pada 2 April 1912.
Replika RMS Titanic dibangun khusus untuk pembuatan film di Pantai Rosarito, California, Amerika Serikat. Produsen pembuat replika kapal kemudian berkonsultasi dengan beberapa pihak untuk bisa menghadirkan RMS Titanic yang benar-benar mirip seperti aslinya.

Interior dibuat sedemikian rupa supaya ketika mulai dikisahkan ke masyarakat bisa merasakan jatuhnya kapal itu.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com