Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Netflix Minta "Bird Box Challange" Dihentikan karena Berbahaya

Kompas.com - 03/01/2019, 11:52 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Penyedia layanan hiburan streaming asal Amerika Serikat, Netflix, meminta penggemar film Bird Box (2018) untuk menghentikan tantangan yang sedang tren setelah film itu tayang, yaitu Bird Box Challenge.

Tantangan ini mengharuskan pelakunya menutup mata dan berjalan berkeliaran dengan kondisi mata tertutup kain sehingga tidak bisa melihat apa pun.

Netflix menilai tantangan yang terinspirasi film Bird Box sangat berbahaya, sehingga aksi itu diharapkan tak lagi meluas.

Tantangan ini memang sangat berpotensi membahayakan keselamatan siapa pun yang melakukannya. Mereka bisa saja menabrak atau tertabrak sesuatu, bahkan jatuh dari tempat yang sangat tinggi karena tidak bisa menyaksikan kondisi sekeliling.

Larangan itu disampaikan secara langsung oleh Netflix, salah satunya melalui akun Twitter-nya @netflix.

"Tak pernah menyangka kami harus mengatakan ini, tetapi: tolong jangan sakiti diri kalian dengan Bird Box Challenge ini. Kami tidak tahu bagaimana ini berawal, dan kami menghargai kecintaan kalian, tapi ada satu harapan di tahun 2019 ini, kalian tidak berakhir di rumah sakit hanya karena mengikuti meme ini," tulisnya.

Baca juga: Terungkap Alasan Film Bird Box Tak Perlu Tampilkan Monster

Salah satu adegan dalam film Bird Box (2018)NETFLIX Salah satu adegan dalam film Bird Box (2018)
Dikutip dari USA Today, film yang dibintangi Sandra Bullock itu kini menjadi salah satu film terlaris sepanjang Desember, yang ditayangkan Netflix.

Pada minggu pertama penayangan, film ini sudah menjadi perdebatan di antara 45 juta penontonnya dari seluruh dunia.

Perdebatan itu muncul tidak lain karena banyaknya orang-orang yang menonton film tersebut, kemudian meniru sejumlah scene dalam film. Hingga kemudian, aksi itu viral dan menjadikannya sebagai challenge atau tantangan.

Adegan yang ditiru adalah ketika Sandra Bullock dan dua anak berupaya menyelamatkan diri dari dunia post-apocalyptic dengan kondisi menutup mata mereka.

Dunia memang di ambang kepunahan setelah orang-orang mulai bertingkah gila yang bisa menyebabkan mereka bunuh diri, setelah melihat suatu makhluk yang didefinisikan sebagai "the creature". 

Baca juga: Netflix Tampilkan Sosok Ibu Pemberani dalam Bird Box

Sayangnya, banyak penonton yang kemudian mengimplementasikan adegan tersebut secara mentah dan melakukan aksi menutup mata sambil berjalan. Lebih dari itu, mereka mengunggahnya di media sosial sehingga banyak orang yang mengikuti tantangan berbahaya ini.

Padahal, beberapa orang yang melakukan tantangan ini malah banyak yang berakhir celaka.

Dalam sebuah video, terlihat seorang pria menggandeng dua anak, untuk berlari keluar dari rumah dalam keadaan mata tertutup kain hitam. Nahas, si anak perempuan yang berusia sekitar 4 tahun justru menabrak dinding yang ada di samping pintu yang seharusnya ia lewati.

Ia pun terlihat kesakitan dan berdiri sempoyongan sambil memegang kepalanya dalam keadaan mata masih tertutup kain hitam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com