Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendiang Torro Margens Alami Infeksi Lambung Sebelum Meninggal Dunia

Kompas.com - 04/01/2019, 10:21 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Aktor senior Torro Margens meninggal dunia dalam usia 68 tahun di RSUD Syamsudin SH, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (4/1/2019) dini hari.

Putranya, Toma Margens, mengatakan bahwa mendiang Torro didiagnosis mengidap infeksi lambung sebelum meninggal.

"(Penyakitnya) Lambung, infeksi lambung katanya (dokter)," ujar Toma kepada Kompas.com saat dihubungi via telepon, Jumat pagi.

Infeksi itulah yang menurut Toma menyebabkan ayahnya mengalami muntah darah saat shooting sebuah film di Yogyakarta pada November 2018 lalu.

"(Penyakitnya) baru ketahuan kemarin pas shooting itu. Sebelumnya enggak pernah ada keluhan. Dia mah kuat banget, masih shooting terus," katanya.

"Sebulan dia di Yogya (shooting). Bukan Desember, sebelumnya lagi. Iya (November)," tambahnya.

Toma menambahkan, setelah muntah darah ketika selesai shooting saat itu, ayahnya langsung dibawah ke rumah sakit di Yogyakarta oleh kru film. Mendiang Torro sempat menjalani rawat inap di sana selama lima hari.

"Terus pulang ke Jakarta. Sampai di Jakarta sudah sembuh, sehat, masih lemas, tapi sudah sembuh. Lalu dibawa pulang ke Sukabumi. Di Sukabumi lima hari, dapat kabar tadi malam jam 11 malam, bapak masuk rumah sakit. Sempat kritis, jam satu dini hari meninggal," ucap Toma.

Ia melanjutkan bahwa selama ini sepengetahuannya ayahnya itu tak pernah dirawat di rumah sakit. Baru ketika beberapa waktu sebelum meninggal, ayahnya terbaring di ranjang pasien.

"Orang seumur hidup baru pertama kali masuk rumah sakit itu doang. Enggak pernah dulu, kuat banget. Enggak (ada tanda-tanda sakit), cuma napasnya. Bapak hebat banget deh," ujar Toma.

Baca juga: Torro Margens Akan Dikebumikan di Sukabumi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com