Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alfonso Cuarón Dedikasikan Piala Sutradara Terbaik Golden Globes 2019 kepada Pengasuhnya

Kompas.com - 07/01/2019, 11:17 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

KOMPAS.com -- Alfonso Cuarón memenangi penghargaan Sutradara Terbaik dalam Golden Globes 2019, Minggu (6/1/2019) malam waktu setempat, berkat film Roma.

Dalam pidato kemenangannya, Cuaron berterima kasih kepada orang-orang spesial dalam hidupnya yang menginspirasi kisah film Roma, termasuk pengasuh masa kecilnya, Libo Rodriguez.

"Pada kenyataannya, film ini disutradarai Libo, oleh ibu saya, dan keluarga saya dan mungkin bahkan lebih penting lagi oleh tempat ini, lab yang sangat kompleks ini yang mengasah dan menciptakan saya. Terima kasih banyak, Meksiko," kata Cuarón kepada hadirin.

Cuarón sebelumnya membawa pulang piala penghargaan yang sama dalam Golden Globes 2014 menang berkat film Gravity.

Tahun ini, Cuarón mengalahkan sutradara Spike Lee (BlacKkKlansman), Bradley Cooper (A Star is Born), Peter Farrelly (Green Book), dan Adam McKay (Vice).

Sebelumnya, film Roma lebih dulu membawa pulang piala penghargaan Golden Globes 2019 sebagai Film Berbahasa Asing Terbaik.

Film Roma yang dibuat secara hitam putih dengan hampir seluruh kru berasal dari Meksiko, menandai proyek pertama Cuarón sejak Gravity (2013).

Berlatar era 1970 dan 1971 di Colonia Roma, sebuah kota di Mexico, film ini berpusat pada Cleo, dimainkan oleh pendatang baru Yalitza Aparicio.

Karakter ini terinspirasi dari pengasuh Cuarón saat kecil, yang nama aslinya adalah Liboria "Libo" Rodriguez.

Roma tayang di beberapa bioskop tertentu dan di Netflix.

Baca juga: Roma Jadi Film Berbahasa Asing Terbaik Golden Globes 2019

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com