Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Menuju Broadway Beri Peluang Aktor dan Aktris Seni Pertunjukan

Kompas.com - 25/01/2019, 19:22 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakti Budaya Djarum Foundation melalui program Ruang Kreatif, mempersembahkan "Indonesia Menuju Broadway" yang diperuntukkan bagi para seniman muda berbakat di Indonesia.

Bekerja sama dengan Passport to Broadway, New York, Indonesia Menuju Broadway merupakan sebuah program beasiswa pelatihan bagi seniman muda untuk mendapatkan ilmu panggung dengan standar broadway di Indonesia.

"Ruang kreatif merupakan program inisiatif Indonesia Kaya yang memiliki tujuan untuk mengenalkan seni pertunjukan dan tradisi Indonesia, serta menjadi wadah untuk memupuk dan memotivasi talenta pekerja seni pertunjukan khususnya kepada generasi muda," ujar Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adrian di Jakarta, Jumat (25/1/2019).

"Setelah sebelumnya program di ruang kreatif ditujukan bagi para komunitas seni dan manajemen produksi seni pertunjukan, kali ini ruang kreatif ditujukan kepada para seniman muda yang menekuni genre musikal yang banyak diminati pada saat ini. Untuk itu, kami mengajak seniman muda yang memiliki bakat akting, menyanyi, dan menari untuk berpartisipasi dalam program Indonesia Menuju Broadway, untuk menambah ilmu dan wawasan di bidang seni pertunjukan khas broadway," lanjutnya.

Untuk mengikuti program ini, calon peserta dapat mendaftarkan diri melalui website www.indonesiakaya.com dan mengisi formulir pendaftaran yang tertera.

Baca juga: Java Jazz Festival 2019 Suguhkan Nuansa Broadway dan Motown

 

Pendaftaran dibuka mulai 10 hingga 28 Januari 2019. Selanjutnya, panitia akan menyeleksi berkas yang telah masuk dan peserta yang lulus seleksi akan dihubungi via telepon selambat-lambatnya 30 Januari 2019 dan dapat mengikuti proses audisi.

Dalam proses audisi akan menghadirkan juri-juri yang telah memiliki pengalaman di bidang seni pertunjukan seperti, Ari Tulang, Andrea Miranda, Garin Nugroho, dan Ufa Sofura. Audisi akan dilakukan pada 3 dan 4 Februari 2019 di Balai Resital Kertanegara.

Dari proses audisi, akan dipilih 70 orang yang berkesempatan mengikuti program pelatihan di Balai Resital Kertanegara, Jakarta pada tanggal 20-24 Februari 2019, yang kemudian akan kembali dipilih 10 orang peserta yang mendapatkan beasiswa pelatihan di New York pada Juli 2019.

"Telah banyak seniman dan komunitas seni muda yang lahir dari program ruang kreatif dan menampilkan nuansa baru di dunia seni pertunjukan Indonesia. Dalam proyek kolaboratif bersama para pengajar dari Broadway, tentunya akan memberi pandangan baru bagi para seniman-seniman muda untuk menciptakan karya seni pertunjukan. Program ini menjadi program yang menantang dan diharapkan dapat mendorong peserta untuk memberikan hasil yang terbaik," ujar Garin Nugroho

Baca juga: Ingin Serius di Dunia Teater, Suho EXO Punya Impian Tampil di Broadway

Bersama para pengajar dari StudentsLive-Passport to Broadway, NYC, 70 orang peserta yang lolos audisi akan diberikan pelatihan menari, bernyanyi, dan akting sesuai kurikulum musikal dan teater broadway. Selama lima hari, para peserta mendapatkan kesempatan eksklusif untuk bekerja dengan tim broadway yang terdiri dari sutradara broadway, direktur musik, koreografer, dan tim produksi.

Dalam kurun waktu 18 tahun, StudentsLive - Passport to Broadway telah menarik lebih dari 350,000 peserta dari ragam latar belakang budaya, etnis, dan sosial ekonomi. Misi dari program ini adalah untuk menciptakan sumber informasi pendidikan, dan memberikan akses bagi para peserta untuk menuju panggung broadway.

"Program ruang kreatif Indonesia Menuju Broadway ini juga memberikan akses dan peluang bagi para aktor dan aktris seni pertunjukan Indonesia agar dapat merasakan pelatihan ala Broadway dan juga kesempatan untuk dapat mengikuti audisi di New York, kemudian menjadi salah satu pemeran Broadway dan membawa nama harum Indonesia ke kancah internasional," tutup Renitasari.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com