Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil dan Pemeran Dilan 1991 Resmikan Groundbreaking Dilan Corner

Kompas.com - 24/02/2019, 09:49 WIB
Dendi Ramdhani,
Kistyarini

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya dan para pemeran film Dilan 1991 melakukan peletakan batu pertama pembangunan (groundbreaking) Dilan Corner di Taman Saparua, Bandung, Minggu (24/2/2019).

Sudut Dilan berada di area Taman Saparua Bandung yang kerap digunakan sebagai pusat aktivitas olahraga masyarakat.

Pada kesempatan itu, dua pemeran utama film Dilan 1991, Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla, turut terlibat dalam prosesi tersebut dengan meletakkan bata dan semen.

Dalam sambutannya Ridwan Kamil mengatakan, sudut Dilan akan difungsikan sebagai ruang literasi.

"Hari ini kita memulai sebuah rencana Dilan Corner. Tadi saya terima masukan dari Pak Menteri. Dilan Corner ini adalah ruang publik kecil di sudut Taman Saparua untuk dijadikan taman literasi," ungkap Emil, sapaan akrabnya.

Ia berharap, Sudut Dilan dapat menjadi ruang untuk menambah produktivitas kaum milenial dalam hal literasi.

"Taman literasi adalah semangat yang ingin kita hadirkan di mana seringkali film ini sukses karena datang dari novel," tambah Em

"Jadi nanti tempat ini dipakai secara positif untuk membahas sastra, novel, mendiskusikannya seperti inspirasi film Dilan dikonversi menjadi film. Mudah-mudahan ingat Dilan ingat kesuksesan literasi dan film," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, film sangat berpengaruh terhadap peningkatan jumlah wisatawan.

Ia berharap, hadirnya Dilan Corner dapat mengatrol jumlah kunjungan wisata ke Kota Bandung.

"Saya harapkan film ini bisa mengangkat Bandung. Insya Allah banyak dikunjungi wisatwan. Saya akan support habis-habisan film Dilan," jelasnya.

Kehadiran para pemeran Dilan pun menyita perhatian masyarakat dan fans. Tak ingin kehilangan kesempatan, mereka berdesakan untuk berswafoto bersama para pemeran Dilan.

Baca juga: Ridwan Kamil Jamu Sarapan Para Bintang Dilan 1991

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com