Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekor-rekor yang Berpeluang Tercipta pada Oscar 2019

Kompas.com - 24/02/2019, 16:56 WIB
Kistyarini

Editor

Sumber Time

KOMPAS.com - Setiap tahun Academy Awards membuka kesempatan bagi film, artis peran, dan insan film lainnya untuk mencetak rekor pada penghargaan di bidang perfilman itu.

Seperti tahun sebelumnya, penyelenggaraan Oscar 2019 juga berpeluang mencetak sejarah.

Berikut ini beberapa rekor yang bisa tercipta di Academy Awards 2019, yang diselenggarakan pada Minggu (24/2/2019) malam waktu California atau Senin (25/2/2019) pagi waktu Indonesia.

1. Black Panther

Chadwick Boseman sebagai  Black Panther.YouTube Chadwick Boseman sebagai Black Panther.
Black Panther sudah mencetak rekor sebagai film superhero pertama yang masuk nominasi film terbaik Oscar.

Bila menang, film keluaran Marvel Studios itu akan menjadi film superhero pertama yang memenangi Piala Oscar untuk Best Picture dalam sejarah Academy Awards.

2. Spike Lee

Sutradara Spike Lee menghadiri 71st Annual Directors Guild Of America (DGA) Awards di Ray Dolby Ballroom, Hollywood, California, pada 2 Februari 2019. AFP/VALERIE MACON Sutradara Spike Lee menghadiri 71st Annual Directors Guild Of America (DGA) Awards di Ray Dolby Ballroom, Hollywood, California, pada 2 Februari 2019.
Meskipun merupakan salah satu legenda Hollywood, sutradara Spike Lee belum pernah mendapat Piala Oscar.

Pada Oscar 2019, Lee merupakan salah satu nomine Best Director (sutradara terbaik) dengan filmnya BlacKkKlansman.

Jika menang, Spike Lee akan menjadi sutradara berkulit hitam pertama yang meraih Piala Oscar.

3. Mahershala Ali

Aktor Mahershala Ali memberikan sambutan usai terpilih sebagai pemenang kategori Best Supporting Actor atas perannya di film Moonlight pada malam puncak Academy Awards 2017 di Hollywood, California, Minggu (26/2/2017). Mahershala Ali menjadi Muslim pertama yang dianugerahi Piala Oscar.AFP PHOTO / MARK RALSTON Aktor Mahershala Ali memberikan sambutan usai terpilih sebagai pemenang kategori Best Supporting Actor atas perannya di film Moonlight pada malam puncak Academy Awards 2017 di Hollywood, California, Minggu (26/2/2017). Mahershala Ali menjadi Muslim pertama yang dianugerahi Piala Oscar.
Mahershala Ali berkesempatan mencatat rekor sebagai aktor berkulit hitam kedua yang meraih Piala Oscar lebih dari satu kali.

Pada Oscar 2019, Ali dinominasikan dalam kategori Best Actor in a Supporting Role untuk aktingnya dalam film Green Book.

Sebelumnya, Mahershala Ali membawa pulang Piala Oscar untuk kategori yang sama pada 2017 berkat perannya dalam film Moonlight.

4. Amy Adams

Aktris Amy Adams menghadiri BAFTA British Academy Film Awards di Royal Albert Hall, London, Inggris, pada 10 Februari 2019. AFP/TOLGA AKMEN Aktris Amy Adams menghadiri BAFTA British Academy Film Awards di Royal Albert Hall, London, Inggris, pada 10 Februari 2019.
Amy Adams tergolong aktris yang paling sering mendapat nominasi Academy Awards atau Oscar. Termasuk tahun ini, ia sudah enam kali menjadi nomine Oscar.

Namun para juri belum sekali pun menganugerahkan penghargaan idaman para artis peran itu kepada Adams.

Pada Oscar 2019, Adams menjadi nomine untuk Best Actress for a Supporting Role untuk aktingnya dalam film Vice.

Jika ia kalah lagi, Adams bisa mencatat rekor sebagai artis peran yang paling sering mendapat nominasi tetapi tidak pernah meraih Piala Oscar.

Halaman:
Sumber Time
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com