Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hagai Batara Rilis Dua Singel Baru sebagai Hadiah untuk Penggemar

Kompas.com - 19/03/2019, 17:05 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Hagai Batara mengumumkan tanggal perilisan singel terbarunya, "Fase" dan "Bila" bertepatan dengan mini-showcase yang diadakan pada Jumat (15/3/2019) lalu.

Dalam mini-showcase ini juga diperdengarkan singel baru sekaligus rilisan ke-4 Hagai kepada para penggemarnya yang hadir malam itu.

"Fase" dan "Bila" dirilis pada 19 Maret 2019 hari ini. Kedua lagu tersebut dirilis bertepatan dengan ulang tahun Hagai yang ke-22.

Baca juga: The Birds Song, Perdana dari Hagai Batara

 

"Perilisan singel ini jadi hadiah buat orang-orang di sekitar gua yang udah mendukung selama ini," ujar Hagai.

Kedua lagu ini direncanakan sebagai intro dan outro mini album Fase, namun dalam perjalanannya, Hagai memutuskan untuk merilisnya satu persatu.

Menurut Hagai, "Fase" diibaratkan seperti suatu fenomena, sementara "Bila" adalah tanggapan dari fenomena tersebut.

"Di hidup kita ada fase yang enggak bisa dimungkiri selalu ada, ditanggapi dengan lagu 'Bila' yang menceritakan perasaan ingin balik ke masa tertentu," jelas Hagai.

Lagu ini sudah mulai ditulis sejak tiga tahun lalu. Namun, mulai dikerjakan serius sejak 2018. Walau sempat tertunda cukup lama, Hagai merasa hasil akhirnya sesuai dengan rupiah yang dikeluarkan. 

Mixing dan mastering lagu ini dikerjakan oleh Johanes Abiyoso. Sedangkan proses penulisan dan rekaman lagu dikerjakan sendiri oleh Hagai di kamar kos miliknya.

Mario Pegas juga belum absen dari pengerjaan artwork kedua lagu ini. Hagai masih mempercayakan pengerjaan artwork pada Mario Pegas agar ilustrasi antar lagu terdapat kesinambungan yang serasi.

"Fase" dan "Bila" dapat didengarkan di Spotify, Apple Music, Dezeer, dan layanan streaming digital lainnya, atau bisa didengar di YouTube.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com