Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andien Jadikan Musik Alat Komunikasi dengan Anak

Kompas.com - 01/04/2019, 20:17 WIB
Andika Aditia,
Ati Kamil

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi jazz Andien Aisyah (33) menjadikan musik alat untuk berkomunikasi dengan buah hatinya, Anaku Askara Biru atau Kawa.

Menurut Andien, musik merupakan bahasa universal yang membantunya menumbuhkan  ikatan emosional dengan anak lelakinya tersebut.

"Dari sebelum anakku lahir, aku selalu menyanyikan. Waktu melahirkan, aku siapkan playlist. Waktu dari bayi sampai sekarang musik sangat memegang peranan penting," ucap Andien dalam sebuah diskusi bertajuk Tumbuhkan Nalar Kritis Lewat Musik di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Senin (1/4/2019).

Baca juga: Andien Sebut Musik Bisa Bantu Stimulus Nalar Berpikir

Bahkan, dengan bantuan musik, Andien biasa meminta dan menganjurkan Kawa untuk melakukan suatu hal.

Sejauh ini, lanjut Andien, stimulus yang ia lakukan itu relatif efektif, karena bisa dimengerti oleh anaknya dengan mudah.

"Aku hampir enggak pernah menyuruh. Aku punya lagu untuk anak membereskan mainan. Contoh, aku tinggal nyanyi, 'Tidy up, tidy up, let's go Kawa, tidy up...' Itu, dia tahu artinya, langsung bereskan mainannya," cerita istri dari Irfan Wahyudi ini.

Baca juga: Andien Mulai Ajarkan Anak soal Kepedulian Sosial

Pelantun "Moving On" ini mengatakan pula bahwa metode tersebut ia terapkan juga kepada anak-anak berkebutuhan khusus lewat singel "Warna Warna".

"Mereka aku minta untuk mendengarkan lagu 'Warna Warna' dan merespons dalam bentuk lukisan. Akhirnya kami bikin exhibition-nya, karya seninya dipajang dan laku keras," tuturnya.

"Aku merasa bahwa begitu bikin musik bukan cuma soal enggak laku dan lain-lain, tapi banyak sekali hal di musik yang perlu kita sampaikan ke manusia. Aku yakin kita semua punya langkah masing-masing," sambungnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com