Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Glenn Fredly Ingatkan Makna Pentingnya Musisi Berkolaborasi

Kompas.com - 02/04/2019, 10:18 WIB
Andika Aditia,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Glenn Fredly beranggapan bahwa kolaborasi antar musisi pada hari ini menjadi sangat penting untuk membangun proses kreativitas dan menguatkan solidaritas antar musisi itu sendiri.

Hal itu, kata Glenn, seperti apa yang baru saja ia lakukan bersama komposer Yovie Widianto dan penyanyi Tulus lewat sebuah singel berjudul "Adu Rayu" yang baru saja dirilis, baru-baru ini.

"Semoga masyarakat bisa menangkap kalau kolaborasi hari ini tuh penting banget, itu message yang pengin kami sampaikan sih hari ini," ucap Glenn saat ditemui dalam sebuah diskusi di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Senin (1/4/2019).

Menurut pelantun lagu "Januari" ini, kolaborasi telah membuat para musisi mampu menghasilkan sebuah karya yang lahir dari pemikiran bersama tanpa melihat latar belakang dan perbedaan gaya musik masing-masing.

Baca juga: Glenn Fredly Berencana Jadikan Singel Adu Rayu sebagai Film

"Itulah musik, enggak ada gap, yang ada justru kami menghasilkan karya, enggak ada tembok-tembok, yang ada kami lebur saja, kayak yang tadi kita bilang, kolaborasi ini tak hanya jadi momen buat lagu terus rilis," tuturnya.

Glenn pun menambahkan bahwa dari pengalaman yang ia dapat saat berkolaborasi, tak hanya sekadar menguatkan ikatan para pelaku industri musik itu sendiri, tapi juga insan dunia kreativitas lainnya dari disiplin ilmu yang berbeda.

"Karena saya lihat orang-orang di belakang layar kayak (sineas) Davy Linggar bertemu terus membicarakan sebuah karya yang sama," ungkapnya.

Pria berusia 43 tahun ini pun berharap kolaborasi yang ia lakukan bersama rekan-rekan musisi lainnya dapat memberi dampak positif kepada dunia musik Tanah Air.

"Ya namanya idenya begitu muncul kalau ini kejadian ya harapannya membangun industri bahwa dari musik bisa kemana-mana," ujar Glenn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com