Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Karenina Sunny Terjun Jadi Aktivis Sosial Lewat Pendidikan

Kompas.com - 26/04/2019, 20:10 WIB
Andika Aditia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Miss Indonesia 2009 sekaligus model Karenina Sunny (32) kini aktif terlibst  dalam dunia sosial lewat Yayasan Happy Hearts Indonesia, yang mengumpulkan donasi untuk memperbaiki gedung-gedung sekolah tak layak di berbagai penjuru Indonesia.

Wanita yang akrab disapa Nina ini mengaku telah mengikuti kegiatan tersebut sejak dua tahun lalu.

Nina menceritakan, pertama kali ia turut serta dalam kegiatan sosial saat dirinya dilibatkan dalam sebuah acara yang menyertakan anak-anak panti asuhan.

Sejak saat itu, kata Nina, dirinya ketagihan untuk terlibat dalam acara serupa.

Baca juga: Hadiri Sidang Steve Emmanuel, Karenina Sunny Bawa Makanan Favorit Kakaknya

"Selama 2 tahun kita bikin acara undang anak-anak dari panti asuhan yang berbeda latar belakang, mereka bisa datang ketemu temannya, bisa cerita gimana mereka meraih mimpinya," ucap Nina saat ditemui dalam sebuah acara di kawasan Kota, Jakarta Barat, Kamis (25/4/2019).

"Setiap donasi yang masuk diberikan ke mereka (anak-anak panti asuhan), tapi mereka harus pakai buat sesuatu yang positif buat melanjutkan pendidikan mereka," ucap Karenina.

Sejak saat itu, adik artis peran Steve Emmanuel ini mengaku telah melebarkan jangkauan dengan menyumbangkan donasi yang terkumpul untuk membangun sekolah-sekolah tak layak pakai.

Menurutnya, ia dan teman-temannya telah berhasil membangun dan memperbaiki 185 gedung sekolah di berbagai wilayah Indonesia, baik tingkat PAUD, SD, dan SMP di berbagai wilayah Indonesia.

"Dan ini sekarang kami sedang fokuskan ke area Sumba, NTT, dan kemarin juga sudah ada kerja sama untuk membangun satu sekolah PAUD di Sumba Barat dan kemarin bulan Desember 2018 sudah selesai dan peresmian," ungkapnya.

"Saya berhasil membangun sekolah, ya, intinya itu nyata. Saya sendiri pergi ke Sumba lihat sendiri (hasilnya)," ujarnya.

Lantaran hal tersebut, wanita yang pernah bermain dalam film Dream Obama ini menyadari bahwa peran pendidikan begitu penting dalam membangun masa depan suatu bangsa.

"Saya sangat percaya bahwa pendidikan penting. Jadi kalau misalnya ada yang ingin membantu, ingin sumbang untuk charity, anak bangsa Indonesia harus buat sesuatu yang positif yaitu pendidikan," imbuhnya.

Baca juga: Karenina Sunny Menangis Saat Tahu Steve Emmanuel Terancam Hukuman Mati

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com