Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peter Mayhew Pemeran Chewbacca dalam Star Wars Meninggal Dunia

Kompas.com - 03/05/2019, 09:30 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

Sumber Variety

KOMPAS.com - Aktor pemeran Chewbacca dalam film-film Star Wars, Peter Mayhew, meninggal dunia pada Selasa (30/4/2019) dalam usia 74 tahun. Pihak keluarganya mengumumkan kabar duka tersebut melalui akun Twitter milik mendiang Mayhew.

Disebutkan bahwa dia meninggal di rumahnya di Texas Utara, AS, dan dikelilingi oleh sanak saudaranya.

"Keluarga Peter Mayhew, dengan cinta dan kesedihan yang mendalam, berbagi berita bahwa Peter telah meninggal dunia. Dia meninggalkan kita semua pada 30 April 2019 malam bersama keluarganya di sisinya di rumahnya di Texas Utara," tulis akun Twitter @TheWookieeRoars.

Semasa hidup, Mayhew ditemukan oleh produser Charles H Schneer saat bekerja sebagai pelayan rumah sakit di London. Setelah itu, Mayhew berperan dalam film Sinbad and the Eye of the Tiger karya Ray Harryhausen.

Tahun berikutnya, dia didapuk memerankan salah satu karakter ikonik Star Wars, Chewbacca yang merupakan Wookiee yang berusia 200 tahun.

Baca juga: Emperor Palpatine Dipastikan Muncul dalam Star Wars: The Rise of Skywalker

Mayhew kemudian muncul dalam The Empire Strikes Back, Return of the Jedi, Revenge of the Sith, The Force Awakens, dan The Star Wars Holiday Special.

Seiring berjalannnya waktu, karena mobilitas Mayhew yang terbatas dan masalah kesehatan baru-baru ini, Joonas Suotamo yang kemudian memainkan Chewbacca dalam film-film Star Wars berikutnya.

Namun, Mayhew tak begitu saja meninggalkan karakter Chewbacca. Ia beralih menjadi konsultan untuk peran tersebut.

Di luar perannya dalam Star Wars, Mayhew mendirikan Yayasan Peter Mayhew, yang berupaya meringankan "penyakit, rasa sakit, penderitaan, dan kerugian finansial" yang ditimbulkan oleh peristiwa-peristiwa mengerikan.

Mayhew meninggalkan seorang istri, Angle, dan tiga anak.

Baca juga: Sutradara Star Wars: The Rise of Skywalker Merasa Ajaib Bisa Menampilkan Kembali Carrie Fisher

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Variety
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com